Reading pesta promosi

Kamis, 19 April 2012 - 10:34 WIB
Reading pesta promosi
Reading pesta promosi
A A A
Sindonews.com - Pesta meriah terhampar di Madejski Stadium. Ratusan pendukung langsung menerobos ke lapangan untuk merayakan sukses Reading merebut tiket Liga Primer musim 2012/2013.

Reading kembali merayakan kerasnya kompetisi elite Inggris itu setelah menundukkan Nottingham Forest 1-0. Gol tunggal Mikele Leigertwood pada menit ke- 81 menjamin The Royals—julukan Reading—mendapatkan jatah promosi meski Kompetisi Championship menyisakan dua laga lagi.Kemenangan itu membuat Reading mengumpulkan 88 poin dan tetap kokoh di puncak klasemen.

Mereka unggul atas Southampton yang tertinggal tiga angka serta West Ham United (delapan angka).Artinya, Leigertwood dkk setidaknya menempati posisi runner-up sekalipun kalah di sisa kompetisi. ''Ini momen terbaik saya selama berkarier di sepak bola.Ini mengobati kekecewaan saya saat bertanding di Wembley Stadium musim lalu.Sekarang, kami kembali hadir di Liga Primer.

Saya bisa merayakan sukses ini selama dua bulan ke depan,”ujar Pelatih Reading Brian McDermott,dikutip Daily Mail. Liga Primer musim depan merupakan kompetisi kedua yang akan dijalani Reading.The Royalsharus menunggu selama empat tahun untuk kembali.Sukses ini sekaligus membayar rasa sakit hati setelah batal naik kelas lantaran kalah saat final play-offmusim lalu.

Reading menjadi anggota baru Liga Primer musim 2006/2007 setelah menjuarai Championship.Debut klub yang terbentuk pada 1871 itu cukup lumayan dan sanggup bertahan lantaran finis di peringkat 8.Tapi,pada edisi berikutnya, mereka harus rela turun kasta setelah terdampar di peringkat 18. Sialnya,Reading hanya menempati di gridempat saat Championship musim 2008/2009 selesai.

Edisi berikutnya lebih parah lagi karena tercecer di papan tengah. Pada musim 2010/2011,McDermott membuka jalan untuk kembali ke Liga Primer.Mereka berhak mengikuti play-off karena masuk 4 besar. Reading lolos ke final setelah menyingkirkan Cardiff City.Sayang,mereka dikalahkan Swansea City 2-4 pada partai penentu. Imbasnya, mereka kembali batal naik kelas.Baru kali inilah misi itu terpenuhi.

“Saya tidak tahu harus berbuat apa.Musim panas lalu saya mengalami momen kelam setelah dikalahkan Swansea City (saat final play-off).Tapi,sekarang musim panas yang bagus bagi saya,”tutur McDermott. McDermot sangat gembira bisa membawa anak asuhnya ke Liga Primer. Tapi,itu belum cukup baginya.Dia masih punya satu misi lagi,yakni merebut gelar juara.

Maklum,Reading tinggal sedikit lagi menduduki singgasana,sukses yang terakhir kali diukir pada 2005/2006. Melihat progres yang diperlihatkan belakangan ini rencana tersebut sangat mungkin dilaksanakan. Faktanya, Reading telah mencatat enam kemenangan beruntun.Sementara lawan yang akan dihadapi tinggal Crystal Palace dan Birmingham City.

Asal tahu saja,Reading tidak pernah kalah ketika menghadapi keduanya sepanjang musim ini. Di lain pihak,Pelatih Nottingham Steve Cotterill cukup menyayangkan hasil ini.Dia menilai pasukannya tidak pantas kalah karena bermain lebih baik dibandingkan tuan rumah.“Apa pun itu,saya ucapkan selamat kepada Brian McDermott beserta para pemainnya atas sukses mendapat promosi.Mereka layak mendapatkannya,” ucapnya.

Bagi Nottingham,kekalahan tersebut tidak akan menimbulkan bahaya.Mereka dipastikan bertahan di Championship lantaran sudah dalam posisi aman.Mereka unggul tujuh angka dari zona merah.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)