Loew ogah Jerman difavoritkan

Kamis, 03 Mei 2012 - 11:47 WIB
Loew ogah Jerman difavoritkan
Loew ogah Jerman difavoritkan
A A A
Sindonews.com - Der Trainer Jerman Joachim Loew tidak mau jemawa. Dia mengelak Die Mannschaft, julukan timnas Jerman, merupakan favorit juara di putaran final Euro 2012 di Polandia-Ukraina.

Loew khawatir status sebagai unggulan akan membuai pasukannya. Tak bisa dimungkiri kualitas hebat para penggawanya seperti Thomas Mueller, Mario Gomez, Mesut Oezil, Sami Khedira atau bintang muda Mario Goetze dan Andre Schuerrle membuat Jerman diunggulkan merebut tempat paling terhormat di kompetisi paling bergengsi di Eropa itu.

Namun, bergabungnya Manuel Neuer dkk di Grup B bersama Belanda, Portugal, dan Denmark membuat perjuangan Jerman terbilang berat.

''Jerman memang selalu menjadi favorit di setiap turnamen. Tapi, tidak hanya Jerman yang menjadi favorit. Masih ada Spanyol, Italia, dan Prancis.Mereka bisa tampil sebagai pemenang, ”ujar pelatih yang membawa Die Mannschaft berlaga di final Euro 2008 itu kepada Reuters. ''Status favorit bisa membebani pemain,”sambung pria berusia 52 tahun ini. Komentar sang pelatih diamini Philipp Lahm.

Sang kapten bahkan berani menunjuk satu tim lain yang memiliki peluang lebih besar daripada Jerman untuk berkuasa di Polandia-Ukraina.La Furia Roja—julukan Spanyol—disebut bek Bayern Muenchen ini sebagai unggulan teratas.Penilaian Lahm memang sangat masuk akal.

Dalam empat tahun terakhir dominasi Spanyol tak terbantahkan.Xavi Hernandez dkk menaklukkan Jerman di final Euro 2008 lewat gol tunggal Fernando Torres.Di Piala Dunia 2010, Die Mannschaft kembali harus mengakui kekuatan La Furia Roja di semifinal.Spanyol kemudian tampil sebagai kampiun setelah menjinakkan Belanda 1-0 di partai puncak.

“Kami terus melakukan pembenahan setelah pertandingan itu (semifinal Piala Dunia).Kami juga banyak belajar untuk memenangkan ball possession sebanyak mungkin dalam pertandingan kualifikasi (Euro 2012) atau laga uji coba.Permainan kami juga sudah lebih berkembang.Tapi, tentu saja Spanyol masih menjadi favorit juara.Mereka adalah tim yang paling konsisten,”papar Lahm.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0557 seconds (0.1#10.140)