Tony bermain 1.950 menit untuk Persib

Selasa, 08 Mei 2012 - 04:30 WIB
Tony bermain 1.950 menit...
Tony bermain 1.950 menit untuk Persib
A A A
Sindonews.com - Pemain Persib Bandung Tony Sucipto menjadi yang terlama mencatatkan waktu bermain bagi klubnya. Pemain yang ditranfer dari Persija Jakarta itu memang hanya baru sekali absen tampil saat Persib melibas Persiwa Wamena pada Sabtu (5/5) lalu.

Dalam laga itu, Tony memang tidak diturunkan karena mengalami masalah kecil pada mata kaki. Otomatis, pemain bernomor punggung 16 harus rela absen meski nama Tony masuk dalam daftar line-up yang dirancang pelatih Robby Darwis.

Dari 23 laga yang dimainkan Maung Bandung – julukan Persib – Tony hanya gagal sekali tampil atau mencatatkan waktu bermain selama 1.950 menit. Dokter tim Rafi Ghani mengatakan, Tony memang dipasang line-up saat melawan Persiwa untuk menjaga-jaga jika lini tengah Persib membutuhkan tenaganya. Namun, rasa nyeri yang dialami Tony membuat tim medis memilih jalan aman dengan menyimpan Tony.

''Tony sendiri memang masuk dalam line-up. Namun, ada rasa nyeri di mata kaki sebelah kiri. Lalu, pada saat latihan terakhir tidak bisa ikut program pelatih karena mengalami cedera. Ketika malam hari sebelum hari pertandingan, Tony memang tidak lagi merasakan nyeri seperti pada pagi harinya. Tapi, kita harus menurunkan pemain yang kondisinya siap di lapangan,” papar Rafi.

Rafi menjelaskan, Tony lebih baik disimpan untuk menghadapi laga selanjutnya yaitu saat Persib menjamu Pelita Jaya Karawang pada Minggu (13/5) nanti. ''Daripada memainkan pemain yang ada keluhan lebih baik menurunkan yang siap tampil. Tapi, hari ini Tony sudah langsung ikut latihan lagi,” jelasnya.

Tony memang merupakan salah satu pemain kunci bagi Persib. Eks pemain Sriwijaya FC ini terbilang pemain yang memiliki potensi bermain di berbagai posisi. Selain menjadi seorang gelandang bertahan yang mumpuni, Dia juga bisa dioperasikan di lini pertahanan dengan kualitas penampilan sama baik dengan posisi aslinya.

Dalam rekor lama bermain, pemain berpostur 168 centimeter ini unggul dari rekan-rekannya seperti Miljan Radovic, Abanda Herman, Maman Abdurrahman, Jendri Pitoy, Zulkifli Syukur, M Ilham, Atep, Hariono, Airlangga Sucipto dan Jajang Sukmara. Menariknya, nama pemain muda Jajang Sukmara masuk dalam rekor bermain di atas 1.000 menit musim ini.

Dari 22 kali penampilan membela Persib, Tony kini mencapai rekor 93 kali tampil di Indonesia Super League (ISL). Sebelumnya, penampilan menawan Tony bersama Sriwijaya FC sempat tercium oleh pelatih tim nasional, Alfred Riedl.

Tidak heran jika Tony tetap menjadi langganan tim nasional Indonesia hingga saat ini. Walau selalu berganti-ganti posisi, Tony mengaku merasa nyaman dengan apa yang bisa dilakukannya terhadap Maung Bandung saat ini.

''Saya menyukai semua posisi dan tidak ada masalah buat saya main di posisi mana pun. Karena saya selalu berusaha untuk paham dengan tugas yang diberikan pelatih saat saya bermain di lapangan,” ungkap Tony.

Skuad Persib Berdasarkan Torehan Waktu Bermain

Nama Pemain Posisi Tampil Menit bermain
Tony Sucipto Tengah 22 1.950
Miljan Radovic Tengah 22 1.903
Abanda Herman Belakang 21 1.890
Maman Abdurrahman Belakang 21 1.838
Jendri Pitoy Kiper 20 1.800
Zulkifli Syukur Belakang 20 1.800
M Ilham Tengah 22 1.752
Atep Tengah 22 1.471
Marcio Souza* Depan 16 1.401
Hariono Tengah 15 1.210
Airlangga Sucipto Depan 20 1.103
Jajang Sukmara Belakang 14 1.067

*Digabung dengan waktu bermain Souza di Arema Indonesia
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0352 seconds (0.1#10.140)