Eksodus bintang menanti, proyek Bielsa bisa terhenti

Rabu, 09 Mei 2012 - 10:22 WIB
Eksodus bintang menanti,...
Eksodus bintang menanti, proyek Bielsa bisa terhenti
A A A
Sindonews.com - Athletic Bilbao menghadapi prospek menakutkan menyusul keberhasilan masuk final Liga Europa dan Copa del Rey musim 2011/2012. Klub asal Basque tersebut harus siap menerima tawaran klub kaya Eropa yang menginginkan jasa pemain mereka.

Los Leones—julukan Bilbao—tidak memiliki pilihan karena kesulitan keuangan. Mereka tidak akan sanggup menandingi tawaran gaji selangit dari klub yang berniat memakai jasa nama-nama seperti Fernando Llorente, Oscar de Marcos, Iker Muniain, atau Javi Martinez. Inilah problem yang dihadapi klub Spanyol di luar Real Madrid atau Barcelona.

Valencia tidak dapat mempertahankan David Villa. Atletico Madrid, lawan mereka di final Liga Europa, gagal mengamankan komitmen Fernando Torres. Maka, hampir dipastikan Bilbao tidak bakal bisa terus mengikat Llorente.

Prospek eksodus bintang ini sangat mencemaskan. Maklum, bukan hanya pemain yang berpotensi hengkang. Entrenador Marcelo Bielsa juga berpeluang meninggalkan San Mames.

Sebab, dia tidak kunjung menandatangani perpanjangan kontrak yang berakhir musim panas mendatang.”Pelatih mengembangkan tim dan Setiap pemain. Saya harap kami segera mencapai kesepakatan. Sebab, kontrak ini fundamental pada apa yang sedang Bielsa lakukan,”ungkap Direktur Olahraga Bilbao Jose Maria Amorrortu, dikutip AS.

Kemungkinan-kemungkinan ini patut disayangkan mengingat kinerja luar biasa Bielsa dalam mengolah Bilbao selama semusim. Dia tidak membutuhkan waktu lama untuk menyulap Los Leones menjadi kekuatan menakutkan.

Di kancah domestik, mereka mampu merepotkan Barcelona. Hanya karena keletihan Bilbao tercecer pada paro akhir kompetisi dan mengalihkan prioritas ke Liga Europa dan Copa del Rey.

Bielsa juga sukses menyisihkan tim besar di Eropa pada perjalanan menuju Bucharest, di antaranya penguasa Inggris Manchester United, raksasa Jerman Schalke 04,dan kekuatan dari Portugal Sporting Lisbon. Dijuluki El Loco, Bielsa merupakan tipe pelatih pemikir.

Dia menghabiskan ratusan jam menyaksikan rekaman laga tim lawan agar timnya siap menghadapi mereka. Jelang duel kontra Schalke,contohnya. Tersiar berita sosok berkebangsaan Argentina tersebut melihat 45 video aksi Klaas-Jan Huntelaar dkk. ”Kami mesti bersiap menonton 600 rekaman partai dan mendengarkan 32 pidatonya setiap hari,”kata Muniain, bercanda, menyikapi gaya melatih Bielsa.

Gaya bermain tim asuhan Bielsa juga khas. Dia menginstruksikan anak asuhnya menerapkan umpan bertempo cepat dan tidak memberikan ruang bagi lawan. Pola 4-3-3 atau 3-4-3 adalah taktik yang biasa diterapkannya.

Pengalaman terakhir Bielsa di level klub,sebelum berpaling ke pentas internasional bersama Argentina dan Cile, dialami di Espanyol pada 1998. Dia terkenal selektif dalam memilih pelabuhan. Kala menyambut pinangan Bilbao, Bielsa mengaku tertarik bekerja di klub yang memiliki identitas lokal kuat. Bilbao akan berharap alasan itu cukup meyakinkan Bielsa untuk terus bertahan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1833 seconds (0.1#10.140)