Masuk grup neraka, Oranje usung bintang

Rabu, 09 Mei 2012 - 11:51 WIB
Masuk grup neraka, Oranje usung bintang
Masuk grup neraka, Oranje usung bintang
A A A
Sindonews.com - Menghadapi persaingan ”grup neraka” di Euro 2012, Belanda sangat serius mempersiapkan diri. Terbukti, dalam daftar pemain sementara yang dirilis, nama-nama top tetap mendominasi De Oranje.

Mark van Bommel, Urby Emanuelson, Wesley Sneijder, Rafael van der Vaart, Klaas- Jan Huntelaar, Dirk Kuyt, Robin van Persie, Arjen Robben hingga Ibrahim Affelay tetap dipercaya Pelatih Bert van Marwijk untuk mengenakan seragam De Oranje.

Total, 36 pemain akan menjalani pemusatan latihan di Hoenderloo pada 14-15 Mei. Setelah itu, 23 nama akan diumumkan sebagai anggota resmi tim yang akan dibawa ke Polandia-Ukraina.

”Kami sedang melakukan diskusi intensif dengan staf teknis untuk menciptakan tim yang seimbang. Kami perlu tim yang bagus karena persaingan di Grup B sangat ketat. Ada tiga lawan kami yang memiliki kualitas permainan bagus,” kata Van Marwijk,dikutip AFP.

Yang paling mengejutkan adalah masuknya Affelay.WingerBarcelona itu tidak merumput sepanjang musim 2011/2012 karena menjalani perawatan cedera lutut kiri.Affelay juga baru dinyatakan pulih pada Maret. Selain Affelay, Van Marwijk juga memanggil sembilan pemain debutan.

Dalam daftar tersebut ada bek PSV Jetro Willems,18, dan bek Feyenoord Stefan de Vrij,20. Sementara full back PSV Erik Pieters menyatakan mundur akibat cedera kaki kanan yang belum sembuh.

Penggantinya, Alexander Buttner (Vitesse Arnhem). Tidak hanya itu,pemanggilan kiper Newcastle United Tim Krul juga memunculkan kontroversi. Meski penampilan di Liga Primer sangat bagus, Krul memiliki hubungan yang sangat buruk dengan Van Persie.

Beberapa pekan lalu, keduanya sempat bersitegang di lapangan pada laga Arsenal versus Newcastle. Perselisihan Van Persie-Krul dikhawatirkan dapat mengganggu soliditas tim yang sedang coba dibentuk Van Marwijk untuk menghadapi persaingan di Grup B.

”Tujuan pemusatan latihan untuk menyatukan persepsi para pemain.Segala masalah yang ada akan coba kami selesaikan. Semua pemain harus melupakan ego ketika berada dalam lingkungan timnas.Semua bermain untuk negara,” ujar Van Marwijk.

Sebagai tim yang menyandang status runner-up Piala Dunia 2010,Belanda sangat berambisi menebus kekalahan dari Spanyol itu dengan gelar Euro 2012. Meski tergabung bersama Jerman, Portugal, dan Denmark, potensi Belanda lolos ke fase knock-out sangat besar.

Dengan pengalaman, tradisi, dan materi pemain terkini, Belanda diyakini akan mendapatkan satu tiket Grup B ke perempat final. Di Euro 2012, Belanda akan memainkan semua pertandingan fase grup di Kharkiv, Ukraina.Pada matchday pertama, 9 Juni, Belanda akan bertemu Denmark.

Pada matchdaykedua,13 Juni, Belanda bertemu Jerman.Pada matchdayterakhir,17 Juni, Belanda akan berjibaku melawan Portugal. Jika menjadi juara Grup B, Belanda akan menghadapi runner-up Grup A. Bila menjadi runner-upGrup B,Belanda akan bertemu juara Grup A.

”Kami memang akan tergabung di grup berat. Namun, saya percaya dengan kemampuan tim ini. Kami memiliki pelatih hebat. Kami juga diperkuat sejumlah pesepak bola berbakat. Jadi, tidak ada yang perlu ditakutkan. Kami hanya butuh tampil bagus sejak awal hingga akhir,”pungkas Van Bommel.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7104 seconds (0.1#10.140)