Pertarungan setengah kekuatan

Kamis, 10 Mei 2012 - 07:27 WIB
Pertarungan setengah kekuatan
Pertarungan setengah kekuatan
A A A
Sindonews.com - Persema Malang dan Persibo Bojonegoro bakal kembali bertemu di leg pertama Piala Indonesia, Kamis (10/5) sore nanti di Stadion Gajayana. Ini pertemuan kedua dalam empat hari karena akhir pekan kemarin kedua tim juga bertarung di Indonesian Premier League (IPL).

Namun, pertemuan hari ini tampaknya kurang gereget karena kedua tim bakal kehilangan sejumlah pemain terbaiknya yang mengikuti seleksi tim nasional (timnas). Baik Persema maupun Persibo harus lebih banyak menurunkan pemain pelapis dengan banyaknya skuad yang harus absen.

Di kubu tuan rumah bakal tanpa Irfan Bachdim, Kim Kurniawan, Sukasto Efendi, serta pemain belia Dio Permana. Sedangkan di pihak Persibo malah lebih parah karena kehilangan lima pemain, Nur Iskandar, Samsul Arif, Sigit Mieko, Novan Setya, serta Jajang Paliama. Aturan hanya boleh memainkan tiga pemain asing juga turut menguras pikiran pelatih.

Soal kemampuan tim, Persema agaknya lebih beruntung karena masih ada Emile Bertrand Mbamba yang paling produktif di timnya. Paling tidak Laskar Ken Arok masih mempunyai harapan untuk mencetak gol, karena jumlah gol sangat berarti di Piala Indonesia ini.

Bandingkan dengan Persibo yang kehilangan dua pemain trengginasnya, Nur Iskandar dan Samsul Arif. Nyaris tidak ada pemain lain yang bisa menjadi tumpuan ekspektasi Laskar Angling Dharma, karena pemain tersubur setelah Iskanda dan Samsul hanya ada Wahyu Teguh yang baru mencetak dua gol musim ini.

Kendati begitu, Pelatih Persema Slave Radovski tak mau banyak mengeluh dan tetap ingin timnya memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan modal bagus di pertemuan pertama. Walau kehilangan sejumlah pemain utama, dirinya tetap yakin bisa mengatasi perlawanan tim tamu.

Apalagi mental pasukannya cukup bagus karena akhir pekan lalu bisa menahan Persibo 0-0 di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro. "Kami selalu mendapatkan hasil positif ketika bertemu Persibo. Kali ini kami ingin mendapatkan itu lagi dan fokus utama adalah mencetak gol. Jumlah gol bisa sangat menentukan," sebut Slave, asal Makedonia.

Opsi memainkan pemain muda juga diambil pelatih Persibo Paulo Camargo yang membawa 18 pemainnya dan sudah berada di Malang sejak kemarin. Nama-nama seperti Happy Kurniawan (kiper), Didik Bagus Triono, Wahyu Teguh dan Bijahil Chalwa, sangat dimungkinkan mendapat kesempatan.

Tampaknya Camargo sendiri melihat ini sebagai kesempatan untuk memberi jam terbang lebih banyak untuk skuad mudanya, walau tak mengenyampingkan target lolos ke perempat final Piala Indonesia.

"Kami harus realistis dengan banyaknya pemain yang ikut timnas. Pemain muda akan mendapatkan kesempatan dan saya berharap mereka tidak grogi bermain di kandang lawan. Sejauh bisa tenang dan tampil disiplin, saya tak pernah meragukan kualitas mereka," kata pelatih asal Brasil ini.

Perkiraan Pemain:

Persema Malang (4-5-1);
Joko Ribowo (gk), Kasan Soleh, Leonard Tupamahu, Deniss Kacanovs, Naum Sekulovski (belakang), Reza Mustofa, Bima Sakti, Agung Dwijaksono, M Kamri, Tommy Pranata (tengah), Emile Mbamba (depan)

Persibo Bojonegoro (3-4-3):
Fauzi Toldo (gk), Aang Suparman, Leke Anderson, Hari Syahputra (belakang), Mekan Nasirov, Edi Sibung, Hernan Ortiz, Didik Bagus Triono (tengah), SYahroni, Wahyu Teguh, Bijahil Chalwa (depan).
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7050 seconds (0.1#10.140)
pixels