Setan Merah dituntut royal belanja pemain

Kamis, 10 Mei 2012 - 12:12 WIB
Setan Merah dituntut royal belanja pemain
Setan Merah dituntut royal belanja pemain
A A A
Sindonews.com - Manchester United (MU) harus berbenah total menghadapi musim kompetisi 2012/2013. Dana besar sangat diperlukan untuk merevitalisasi kekuatan The Red Devils alias Setan Merah.

Keluarga Glazers pun dituntut lebih dermawan demi kebangkitan prestasi MU. Permintaan ini muncul lantaran MU mulai mengalami antiklimaks prestasi. Setelah mengukuhkan diri sebagai tim tersukses di Inggris dengan mengumpulkan 19 trofi Liga Primer, pasukan Sir Alex Ferguson kini seperti kehilangan taring. Prestasi yang dikemas Wayne Rooney dkk sepanjang musim ini jauh dari memuaskan.

MU gagal bersaing di Piala FA dan Piala Liga (Carling).Catatan di Benua Biru juga sangat mengecewakan.The Red Devils tidak mampu bertahan saat penyisihan Liga Champions.Itu dilanjutkan dengan tersingkir di babak gugur Liga Europa. Terparah adalah membuang keunggulan lima angka di Liga Primer.

Fergie, sapaan Ferguson,sekarang terancam menutup kompetisi tanpa gelar untuk kelima kali dalam 23 musim. Di papan klasemen Liga Primer, MU dan Manchester City (Man City) mengumpulkan 86 angka dengan tersisa satu laga. Man City memimpin karena unggul produktivitas gol, mencetak 90 gol dan kebobolan 27 (+63). Sementara MU menghasilkan 88 gol dan kecolongan 33 kali (+55).

Seandainya singgasana direbut The Citizens,MU dipastikan mendapat tugas baru. Mereka harus bisa mencegah Man City memonopoli Liga Primer di masa mendatang, khususnya musim 2012/2013. Karena itu,diperlukan revitalisasi tepat sasaran. Di sinilah peran keluarga Glazers diperlukan.

''Tidak diragukan lagi. Kami akan membeli pemain baru,mungkin dua atau tiga.Tapi,itu tergantung situasi pasar. Kami harus menerima kondisi ini dan mencoba jalan lain,”ucap Ferguson, dikutip Goal.

Glazers diminta untuk mengucurkan dana selama bursa transfer mengingat MU setidaknya harus memperkuat empat posisi kunci.Maklum,cukup banyak pemain yang berpotensi pergi.Apalagi, Paul Scholes dan Ryan Giggs tidak bisa diharapkan untuk terus tampil penuh. Gelandang yang kreatif merupakan kebutuhan mutlak bagi MU.

Luka Modric (Tottenham Hotspur) dan Eden Hazard (Lille) merupakan target yang tepat. Ferguson sudah mencatat nama mereka dalam daftar belanja.Di antara buruan itu, Modric berpeluang besar didatangkan ke Old Trafford karena Spurskemungkinan urung tampil di Liga Champions. MU juga membutuhkan dua gelandang tengah lantaran Darren Fletcher dan Anderson masih bermasalah dengan kesehatan.

Ferguson juga perlu menambah minimal satu bek kiri.Pasalnya,kinerja Patrice Evra belakangan ini mulai menurun.Untuk area ini,Ferguson dikabarkan sudah mengamati personel Valencia Jordi Alba. Dengan Dimitar Berbatov dan Michael Owen yang hampir dipastikan hengkang, Ferguson juga harus mendatangkan satu striker baru menemani Rooney, Danny Welbeck, dan Hernandez.

Dengan demikian,kuota empat striker tetap terpenuhi.Konon,Iker Muniain (Athletic Bilbao) jadi target utama. Problemnya adalah biaya.Modric diperkirakan bernilai sekitar 34 juta pounds. Hazard mencapai 24 juta pounds. Sementara Alba bermahar 12 juta pounds. Masih banyak lagi daftar buruan yang jika ditotal memerlukan lebih dari 50 juta pounds. Pasalnya, MU juga membidik gelandang serang Benfica Nicolas Gaitan (20 juta pounds).

Belum lagi striker Klaas Jan Huntelaar (Schalke 04/12 juta pounds),gelandang Oscar de Marcos (Athletic Bilbao/26 juta pounds). Lalu bek Jan Vertonghen (Ajax/7 juta pounds) dan gelandang Lucas Rodrigues Moura da Silva (Sao Paulo/40 juta pounds). Sulit bagi MU mendapatkan mereka bila keluarga Glazers tetap bersikap pelit. Pada bursa musim lalu, pengusaha asal Amerika Serikat itu nyaris tidak mengeluarkan uang.

Dana 50 juta pounds untuk membeli David de Gea, Phil Jones,dan AshleyYoung terkumpul setelah menjual sejumlah pemain,macam John O’Shea, Wes Brown, Gabriel Obertan,Corry Evans,dan Joe Dudgeon. Pihak manajemen juga terpaksa memangkas pengeluaran di sektor lain agar MU bisa berbelanja.

Selama tujuh tahun berkuasa, keluarga Glazers terus mendemonstrasikan kebijakan superhemat saat bursa transfer.Itu membuat MU hanya bisa mendatangkan amunisi muda atau mentah lantaran tidak mampu membeli pemain berkualitas.

Keluarga Glazers diminta mencontoh Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan. Pasalnya,big boss Man City itu tidak segan-segan mengeluarkan uang pribadi demi membeli pemain meski harganya sangat tinggi.

Ketika keluarga Glazers menyedot kas MU sebesar 500 juta pounds untuk membayar utang, Sheikh Mansour malah mengucurkan 1 miliar pounds untuk membangun fasilitas olahraga yang baru bagi MU. Itu belum termasuk fasilitas mewah lainnya. Hasilnya,Man City kini tinggal selangkah lagi menjuarai Liga Primer untuk pertama kali dalam 44 tahun.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6171 seconds (0.1#10.140)