Casillas bilang No Puyol, No problem

Jum'at, 11 Mei 2012 - 08:43 WIB
Casillas bilang No Puyol, No problem
Casillas bilang No Puyol, No problem
A A A
Sindonews.com - Absennya bek berkarakter asal Barcelona Carles Puyol di Euro 2012 ternyata tidak membuat kiper sekaligus kapten Spanyol Iker Casillas cemas. Iker mengonfirmasi, Puyol memang pemain penting di sektor belakang La Furia Roja.

Namun, tanpa kapten Blaugrana itu, Casillas sangat percaya Spanyol akan sanggup berbicara banyak di Polandia-Ukraina. Di sela-sela peluncuran Tango 12—bola resmi Euro 2012—di Madrid, Casillas menjamin permainan Spanyol tidak akan berbeda jauh dari Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Selain tetap akan menyerang dan mengandalkan tiki-taka, pertahanan Spanyol juga diyakini Casillas tetap solid. Sebab, selain Puyol, Spanyol masih memiliki beberapa pemain belakang yang mampu bermain dalam level tinggi serta memiliki jam terbang cukup.

''Saya berbicara dengannya, Selasa (8/5). Dia sedih dan kecewa. Tapi, dia dapat mengerti dengan keputusan tim medis. Saya sangat setuju dengan pelatih (Vicente del Bosque) bahwa absennya Puyol adalah kerugian. Sebab, di tim ini kami memiliki tiga kapten. Saya, Xavi (Hernandez), dan Puyol,”kata Casillas, dikutip Marca.

Meski sedih dengan cedera yang menimpa Puyol, Casillas tetap memasang target besar. Dia menyebut Spanyol tetap akan mampu mempertahankan trofi Eropa yang diraih empat tahun lalu di Austria-Swiss.

Alasan yang dikemukakan Casillas adalah kematangan rekan-rekannya. Selain itu, soliditas tim jauh lebih baik dari empat atau dua tahun lalu. Casillas menyebut rivalitas para penggawa Madrid- Barcelona resmi berakhir ketika Primera Liga selesai.

''Kami memiliki kemampuan untuk menjadi juara lagi. Saya melihat ada semangat yang sama dalam diri teman-teman seperti empat atau dua tahun lalu. Meski status kami berbeda dengan empat tahun lalu, gairah tidak berubah. Hanya, musuh utama kami adalah ekspektasi besar publik yang menginginkan kami menang,”papar Casillas.

Casillas mengatakan,kunci yang harus dimiliki bila Spanyol ingin mempertahankan gelar adalah tampil lepas. Kiper yang baru memimpin Los Blancos menggapai trofi Primera Liga itu menyebutkan tekanan akan bertambah besar karena status Spanyol sebagai juara bertahan. Karena itu, menurut Casillas, cara tepat mengatasi kegugupan di lapangan adalah bermain lepas tanpa memikirkan hasil akhir.

Bila hal tersebut dimiliki semua pemain,dia percaya Spanyol akan juara lagi. Selain masalah absennya Puyol, Casillas juga berharap David Villa segera dalam kondisi 100%. Dia menilai tenaga El Guaje masih sangat dibutuhkan Spanyol untuk bertarung di Polandia-Ukraina.

Dengan kualitas yang dimiliki, Casillas sangat yakin mantan striker Valencia itu akan kembali menjadi salah satu pemain kunci Spanyol. Casillas menyebut bukan tidak mungkin Villa akan melampaui penampilan bagus di Piala Dunia 2010.

''Tentu saja sangat tidak ideal seorang pemain tampil di Euro 2012, jika selama enam bulan terakhir tidak bermain. Jadi, saya hanya bisa berdoa agar Villa pulih secepatnya dan dapat tampil di pertandingan terakhir (Primera) Liga atau final Copa (del Rey). Sebab, saya ingin melihat dia tampil di Euro 2012,”pungkas Casillas.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8424 seconds (0.1#10.140)