CR7 pikul beban Portugal

Selasa, 29 Mei 2012 - 08:48 WIB
CR7 pikul beban Portugal
CR7 pikul beban Portugal
A A A
Sindonews.com - Ketergantungan besar terhadap Cristiano Ronaldo menjadi masalah Portugal saat beraksi di Euro 2012. Pelatih Paulo Bento harus mencari cara agar pemain lain juga siap memikul tanggung jawab besar.

Dengan torehan 146 gol dari 144 laga dari tiga musim memperkuat Real Madrid di seluruh kompetisi, sangat beralasan jika Seleccao das Quinas––julukan Portugal––begitu mengandalkan Ronaldo.

Kecepatan, keunggulan duel udara, dan kemampuan mengeksekusi bola mati membuat pemain berusia 27 tahun tersebut merebut status salah satu penyerang terbaik dunia saat ini dan sepanjang masa.

Bersama Lionel Messi,Ronaldo pun mendominasi berbagai pencalonan penghargaan individu yang tersedia. Namun, layaknya Messi pula, dia selalu gagal mempersembahkan penampilan maksimal di level internasional. Belum ada gelar yang diraihnya untuk Portugal. Kesempatan terbaik ada pada 2004. Bermain di hadapan pendukung sendiri, Ronaldo yang masih remaja memiliki prospek besar mengakhiri puasa gelar Portugal.

Sayang,dia terbentur tembok kukuh yang dibangun Yunani. Kini lebih matang,peluang lain tersedia di hadapan Ronaldo. Turnamen di Polandia-Ukraina wajib dimaksimalkannya mengingat umurnya yang terus bertambah, menyusul keterpurukan di Piala Dunia 2006 dan 2010,serta Euro 2008.

''Saya baru saja membawa Real Madrid memenangkan Primera Liga. Sekarang fokus saya seluruhnya tertuju ke Portugal. Saya hanya dapat membanggakan karier jika sudah membawa Portugal menjuarai turnamen,''kata Ronaldo,dikutip Soccerway.

Rintangan besar menanti Ronaldo dkk pada partisipasinya nanti.Mereka mesti mengalahkan dua raksasa Jerman dan Belanda, serta kuda hitam Denmark,demi melangkah ke perempat final.Bukan tugas mudah karena secara kolektif ketiga tim tersebut setara atau sedikit di atas Seleccao das Quinas. Namun,Ronaldo berpandangan berbeda.

Dia melihat keberadaan Jerman dan Belanda akan menguntungkan timnya.Sebab, Portugal bakal konsentrasi penuh untuk menaklukkan musuh. “Saya kecewa melihat undian grup.Setidaknya kami jadi fokus, tidak seperti ketika bertemu tim kecil.Kami kerap meremehkan mereka sehingga tidak maksimal,” ungkap Ronaldo. Mantan punggawa Manchester United tersebut ada benarnya.

Portugal sukses membekuk juara dunia Spanyol 4-0 dan menghancurkan Bosnia-Herzegovina 6-2 pada partai penentuan menuju Euro 2012.Namun,mereka lengah dan cenderung meremehkan lawan saat meladeni tim seperti Polandia dan Makedonia. Terbukti, Portugal hanya bisa bermain 0-0 versus dua negara kecil tersebut. “Entah mengapa kami gagal menunjukkan performa terbaik.

Kami terlalu lamban.Saya tidak suka dengan hasil,” ujar Bento selepas laga kontra Makedonia,Sabtu (26/5).

Di Euro,Bento akan berharap nama-nama, seperti Luis Nani, Joao Moutinho, Raul Meireles dapat membantu mengurangi beban besar yang dipanggul Ronaldo. Bicara kualitas individu, nama- nama yang disebut itu sebenarnya memiliki kemampuan. Tinggal menunggu racikan Bento agar mereka sinergis di lapangan.

''Kehadiran Bento membawa perubahan bagi Portugal. Dia menanamkan mental baru di tim. Bento harus diberi kredit,” pungkas Ronaldo.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0109 seconds (0.1#10.140)