Spanyol ingin menulis rekor baru

Kamis, 31 Mei 2012 - 10:02 WIB
Spanyol ingin menulis rekor baru
Spanyol ingin menulis rekor baru
A A A
Sindonews.com - Spanyol sudah menggoreskan tinta emas dengan menduduki takhta Eropa dan dunia secara beruntun. Pasukan Vicente Del Bosque itu kini mengincar sejarah berikutnya, yakni menguasai kembali Benua Biru.

La Furia Roja—julukan Spanyol—akan berusaha menulis rekor tersebut pada partisipasi di Euro 2012. Sebelumnya tidak ada tim yang pernah mampu merengkuh trofi turnamen itu secara beruntun atau menjuarai tiga kompetisi besar berturut-turut.

”Merebut gelar ketiga merupakan rintangan sulit. Namun, saya yakin anak-anak antusias menyambut tantangan ini.Mereka kenyang pengalaman dan tahu apa yang mesti dilakukan untuk sukses di event internasional,” ungkap Del Bosque, dikutip Fox News.

Penghalang ambisi Spanyol tentu semangat tim-tim yang berambisi meruntuhkan dominasi mereka. Jerman, Belanda, Italia, Prancis,dan Inggris adalah para penantang yang dinilai berpeluang mengakhiri hegemoni mereka. Dengan kualitas cukup setara,tim rival telah menyusun strategi demi meredam gaya bermain tiqui-taca yang diusung Spanyol.

Italia dan Inggris sudah menunjukkan bahwa Spanyol bisa dikalahkan melalui taktik tersebut pada laga uji coba dalam kurun waktu setahun belakangan.Italia unggul 2-1 pada partai persahabatan, Agustus 2011.Inggris berjaya 1-0 dalam duel pemanasan pada November di tahun yang sama.”Kami tim kejutan kala memenangkan Euro 2008.Tapi,sekarang lawan tahu bagaimana kami bermain,” ujar kapten Iker Casillas.

Faktor lain yang dapat menghambat La Furia Roja adalah kelelahan.Prestasi yang Spanyol petik, baik di level internasional maupun klub,membuat para pemain mereka bermain secara maraton sejak 2008. Selepas Euro 2008, Spanyol tampil di Piala Konfederasi 2009 dan kemudian Piala Dunia 2010. Hanya tahun 2011, Xavi Hernandez dkk memiliki waktu istirahat.

Problem ini telah memakan korban.Carles Puyol dan David Villa dipastikan tidak berangkat akibat cedera. Terkaparnya kedua pemain kunci tersebut tentu menciptakan lubang besar di skuad Spanyol.

Del Bosque sadar benar dengan masalah ini.Namun, mantan nakhoda Real Madrid itu mengaku tidak terlalu khawatir.Sebab, Del Bosque sudah menemukan resep untuk membangkitkan moril prajuritnya. ”Jika tahu Anda bisa menjadi tim pertama yang menjuarai dua Euro dan satu Piala Dunia dalam empat tahun, Anda tidak mungkin merasa letih,” sebut Del Bosque.

Semangat menorehkan sejarah memang bakal berperan besar terhadap penampilan Spanyol di Polandia-Ukraina.Del Bosque juga memiliki keuntungan lain,yakni basis kuat di tim.Lebih dari setengah anggota skuad Spanyol datang dari Madrid dan Barcelona.

Punggawa duo Primera Liga itu juga akan mendominasi tim utama,dengan tiga posisi tersisa kemungkinan diisi Jordi Alba (Valencia),David Silva (Manchester City),dan Fernando Torres (Chelsea). Kondisi ini memudahkan Del Bosque mengatur permainan pasukannya karena para pemain saling mengenal satu sama lain.

”Kondisi tersebut sangat membantu Spanyol. Para pemain mengetahui gaya rekan-rekannya. Sama seperti Jerman,yang berbasis kepada Bayern Muenchen.Apakah Spanyol bakal menjadi juara? Saya tidak tahu. Namun saya menilai Spanyol punya skuad terbaik di Euro 2012 karena pertimbangan itu,” tandas Entrenador Madrid Jose Mourinho.

Dengan pertimbangan ini, tidak heran jika La Furia Roja tetap ditempatkan sebagai unggulan utama Euro 2012.Mereka memiliki kualitas tinggi, baik secara mental maupun teknik. Spanyol bergabung di Grup C bersama Italia, Kroasia, dan Republik Irlandia.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4945 seconds (0.1#10.140)