Stadion Narodowy megah dan terbesar

Jum'at, 01 Juni 2012 - 09:23 WIB
Stadion Narodowy megah dan terbesar
Stadion Narodowy megah dan terbesar
A A A
Sindonews.com – Stadion Nasional atau dalam bahasa aslinya Stadion Narodowy. Inilah stadion kebanggaan masyarakat Polandia yang akan menjadi saksi pembukaan pesta sepak bola terakbar negara-negara Eropa, Piala Eropa 2012.

Stadion Nasional yang terletak di Warsawa, Ibu Kota Polandia, bakal menjadi tonggak sejarah perhelatan Piala Eropa 2012. Untuk pertama kalinya peluit panjang tanda dimulainya perhelatan ditiupkan di stadion tersebut. Sebagai kehormatan, tim nasional (timnas) Polandia didaulat membuka hajatan melawan kampiun 2004 Yunani. Bicara Stadion Narodowy tak elok rasanya kalau tidak membicarakan latar belakang sejarah yang mengiringi perkembangannya.

Sebenarnya di lokasi ini dulu sudah ada stadion sepak bola, namanya Stadion Dziesiciolecia atau sering disingkat Stadion XLecia (”10th Anniversary Stadium”) yang berdiri pada tahun 1955. Berbagai pertandingan olahraga besar sempat diadakan di sini. Namun, sejak tahun 1983, stadion tersebut tidak lagi dipakai sebagai tempat pertandingan dan menjadi terbengkalai, tidak ada upaya untuk memperbaikinya karena biayanya dianggap terlalu besar dan tidak profitable.

Lima tahun kemudian (tahun 1989), area stadion disewakan sebagai area pasar rakyat terbesar di Eropa Tengah dan Timur di mana ada lebih dari 5.000 pedagang yang berjualan di sini. Nama resminya pasar ”Jarmark Europa” dan dikelola oleh perusahaan dagang Damis. Tapi, itu cerita soal ”Jarmark Europa” kini telah paripurna setelah pada 2007, Pemerintah Warsawa mengambil keputusan untuk membangun Stadion Nasional di lokasi ini sehingga pasar pun digusur ke tempat lain, tepatnya pindah ke Marywilska 44 yang terletak di pinggir Warsawa.

Di tempat yang sama, kini telah berdiri megah Stadion Narodowy yang baru setelah mengalami rekonstruksi. Pembangunan kembali Stadion Narodowy dimulai pada 17 Februari 2010 dan dibuka secara resmi untuk umum pada 24 Juni 2011. Banyak yang berubah setelah pembangunan dilakukan.Yang pasti, Stadion Narodowy menjadi megah dan terbesar di Polandia. Stadion ini pun dilengkapi teknologi modern. Salah satunya movable roof atau atap yang bisa bergeser.

Untuk fasilitas, statistik yang ada mungkin akan membuat kagum. Terdapat 58.000 tempat duduk di tribune, 965 toilet dan 1.758 tempat parkir.Yang lebih mengagumkan lagi adalah ketersediaan 110 tempat duduk untuk penyandang cacat. Berdiri di area seluas 18 ha, dengan luas bangunan 204.0000 m2 dan tinggi atap 112 meter. Pembangunan stadion menguras dana mencapai 1.569 juta PLN (sekitar Rp5 triliun). (wbs)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4736 seconds (0.1#10.140)