Italia krisis bomber andalan

Sabtu, 02 Juni 2012 - 14:36 WIB
Italia krisis bomber andalan
Italia krisis bomber andalan
A A A
Sindonews.com - Italia menanti kemunculan pahlawan yang dapat membawa mereka menduduki takhta Eropa di Polandia- Ukraina. Kehadiran sang penyelamat diharapkan menyusul krisisnya striker tajam.

Minimnya stok penyerang Gli Azzurri-julukan Italia-itu terlihat pada komposisi skuad. Meski produktivitas Mario Balotelli, Antonio Cassano, Antonio di Natale, Fabio Borini, dan Sebastian Giovinco pada level klub tidak perlu diragukan, mereka terbilang tumpul di level internasional. Terbukti, hanya satu yang mampu menciptakan dua digit gol.

Bersama gelandang Daniele de Rossi, Di Natale merupakan pemain tersubur di tim Italia. Kondisi ini jelas menjadi perhatian tersendiri bagi Allenatore Cesare Prandelli. Selepas pensiunnya Francesco Totti dan Alessandro del Piero, Italia memang kesulitan menemukan bomber andalan. Sebenarnya ada salah satu sosok yang reputasinya cukup mentereng, yakni Alberto Gilardino. Dia masuk skuad Piala Dunia 2006, Piala Konfederasi 2009, dan Piala Dunia 2010 untuk menyumbang total 17 gol dari 42 penampilan.

Sayang, performanya bersama Fiorentina dan Genoa musim ini terbilang labil sehingga Prandelli benar-benar mengabaikannya. Tanpa Gilardino, Prandelli pun bertumpu kepada lima striker yang telah direkrut. Arsitek berusia 54 tahun tersebut berdoa ada salah satu nama yang akan mengikuti jejak para pahlawan Gli Azzurri di turnamen-turnamen sebelumnya, contohnya Paolo Rossi dan Salvatore Schillaci.

Seperti lima striker Italia di Piala Eropa 2012, Rossi dan Schillaci juga tidak terkenal tajam di pentas internasional. Namun, kenyataan itu tidak menghentikan laju mereka membawa Italia mencatat prestasi baik. Rossi menyumbang enam gol pada Piala Dunia 1982 demi mempersembahkan gelar ketiga bagi Negeri Piza. Di Piala Dunia delapan tahun kemudian, giliran Schillaci yang bersinar.

Dia juga menciptakan enam gol meski gagal memberi trofi juara. ”Semua striker yang saya pilih pantas berangkat ke Piala Eropa 2012. Mereka punya kualitas sendiri,” ungkap Prandelli, dikutip Gazzetta dello Sport.

Siapa striker Italia yang paling berpeluang menjadi pahlawan negaranya? Setiap individu punya potensi.Walau kerap berulah, tidak ada yang meragukan bakat Balotelli. Cassano dan Di Natale adalah penyerang berpengalaman. Sementara Borini dan Giovinco merupakan bomber muda dengan masa depan cerah. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6655 seconds (0.1#10.140)