Munucipal stadion megah bintang lima

Senin, 04 Juni 2012 - 09:47 WIB
Munucipal stadion megah bintang lima
Munucipal stadion megah bintang lima
A A A
Sindonews.com – Supermegah. Mungkin kata itu yang tepat disematkan pada profil Munucipal Stadium di Kota Wroclaw, Polandia, ini. Kemegahan serta fasilitas di stadion yang mendapat predikat bintang lima ini bakal memanggungkan laga Piala Eropa 2012 Grup A.

Didirikan pada 2009, Munucipal Stadium atau Miejski merupakan sebuah stadion yang sangat megah dan dilengkapi teknologi mutakhir. Terletak di Distrik Fabryczna yang dimiliki Pilczyce Osiedle di pinggir Jalan Lotnicza, Slaska. Stadion yang menjadi kebanggaan Kota Wroclaw ini dapat menampung 42.771 penonton.

Sebanyak 40.917 penonton merupakan rekor terbanyak yang tercatat di stadion ini pada 25 November 2011. Kala itu digelar pertandingan Slaska Wroclaw dan Wisla Krakow. Dalam waktu tiga tahun sejak awal pembangunannya, stadion ini dibuka pada 10 September 2011. Stadion yang sengaja dipersiapkan untuk event Piala Eropa 2012 ini jika dilihat dari sisi atas memang terlihat biasa saja. Namun, ada keunikan dari stadion ini, yakni bangunan stadion ditutupi dengan material kaca dilapis teflon.

Warna dinding bagian luar stadion dapat berubah warna dan menggunakan sistem pencahayaan supercanggih.Warna dinding stadion pun dapat berubah-ubah, ratusan lampu yang ada dapat mengeluarkan 256 warna. Hal inilah yang membuat stadion yang memiliki kesamaan dengan Allianz Arena ini dijuluki Stadium Lantern. Di sekitar stadion juga terdapat lapangan terbuka yang digunakan untuk para pejalan kaki dengan luas 52.753 m2 dan terdapat sebuah taman serta plaza yang terintegrasi dengan stasiun kereta api dan tempat parkir.

Bangunan stadion empat lantai ini memiliki ketinggian 39,33 meter dari permukaan tanah. Pada bagian atap stadion ditutupi kaca, hal itu dimaksudkan untuk memberikan peningkatan pencahayaan yang alami ke dalam stadion. Atap bagian selatan lebih lebar daripada di bagian utara. Hal tersebut dibuat sedemikian rupa karena terdapat dua layar LED dengan dimensi 12,8 x 7,68 meter. Pembangunan stadion ini menghabiskan dana senilai 729,7 juta PLN (mata uang Polandia), memiliki fasilitas yang sangat lengkap.Terdapat kantor polisi di level satu bangunan, ruangan medis, dan toilet yang berada di bagian balkon.

Selain itu, terdapat juga kursi bagi para penyandang cacat yang posisinya lebih tinggi dengan jalur kursi roda. Khusus bagi penyandang cacat terdapat 120 kursi dan 120 kursi untuk para perawat atau penjaga para penyandang cacat. Banyak keunikan yang ditemukan di stadion ini.Tidak hanya untuk orang cacat, juga terdapat 50 tempat bagi para penonton yang mengalami masalah penglihatan. Untuk penderita gangguan pendengaran disediakan headphone untuk mendengar komentar pertandingan.

Dalam sebuah pertandingan, suara gemuruh penonton pasti selalu akan terdengar dan terkadang suara-suara itu mengganggu jalannya pertandingan. Namun, di stadion ini, hal itu tidak akan terjadi. Mengapa? Sebab, stadion ini dirancang untuk menyerap suara-suara itu, dan pemain yang bertanding pun tidak mengeluh. Stadion Miejski ini akan digunakan untuk pertandingan Grup A, kala tuan rumah Polandia berada di grup ini bersama Rusia, Republik Ceko, dan Yunani.

Pertandingan pembuka akan berlangsung di stadion bintang lima ini dengan mempertemukan Republik Ceko menghadapi Rusia pada Jumat 8 Juni 2012 mendatang. (wbs)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5078 seconds (0.1#10.140)