Kemenangan Persib, obat pelipur lara

Senin, 05 November 2012 - 11:21 WIB
Kemenangan Persib, obat...
Kemenangan Persib, obat pelipur lara
A A A
Sindonews.com – Gol tunggal Muhammad Ridwan di menit 46 memastikan Persib Bandung menjuarai turnamen Celebes Championship 2012 setelah mengalahkan Sriwijaya FC di stadion Siliwangi, tadi malam.

Tampil dengan formasi dan materi pemain inti yang sama seperti kala mengandaskan Makasar United 5-1, Sabtu (3/11) lalu. Maung Bandung tadi malam tidak tampil cukup dominan. Justru Sriwijaya FC mampu bermain spartan dan kerap mengancam gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Di babak pertama, sejumlah peluang diciptakan Sriwijaya dan nyaris membuat sekitar 25 ribu Bobotoh terdiam. Salah satunya melalui sepakan striker anyar Sriwijaya, Tantan yang dengan susah payah mampu diselamatkan I Made.

Setelah babak pertama berakhir imbang 0-0, Persib langsung menggebrak. Hasilnya umpan diagonal Atep kepada Ridwan yang beroperasi di sisi kiri pertahanan Sriwijaya mampu membuat barisan pertahanan Sriwijaya panik.

Setelah melakukan akselarasi dengan melewati beberapa pemain Sriwijaya. Ridwan melepaskan tendangan keras yang gagal dihalau kiper Sriwijaya FC, Ferry Rotinsolu yang hanya bisa terperangah melihat bola meluncur deras ke dalam jala gawang. Gol tersebut langsung disambut gegap gempita ribuan Bobotoh.

Tertinggal 0-1, Sriwijaya FC yang berstatus sebagai juara bertahan Indonesia Super League (ISL) musim lalu, berupaya meningkatkan serangan. Sejumlah perubahan dilakukan pelatih Kas Hartadi dengan mengganti dan memasukan sejumlah pemain anyar.

Aliyudin yang masuk menggantikan Tantan, nyaris membawa Sriwijaya FC menyamakan kedudukan. Sontekan eks striker Persib itu, hampir membuat jala gawang I Made robek. Beruntung tendangannya hanya menyamping tipis.

Peluang emas Sriwijaya lainnya diperoleh Ali Khadaffi setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Erik Weeks Lewis, Ali memaksa I Made bekerja keras menghalau bola tendangan kerasnya. Upaya Sriwijaya akhirnya sia-sia karena hingga peluit akhir dibunyikan wasit Yandri asal Jakarta skor 1-0 untuk Persib tak berubah.

Setelah memastikan gelar juara, seluruh pemain Persib langsung melakukan victory lap yang disambut riuh ribuan Bobotoh. Meski hanya gelar turnamen pra musim, setidaknya keberhasilan menjuarai Celebes Championship jadi obat pelipur lara buat Bobotoh yang sudah 17 tahun tak melihat Maung Bandung menjadi juara sejak menjuarai Liga Indonesia 1994/1995.

“Pertandingan tadi cukup menegangkan, tensinya cukup tinggi dan menguras konsentrasi. Kita sangat bersyukur karena dari sedikit peluang yang kita peroleh, salah satunya bisa menjadi gol melalui Ridwan,” ungkap pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman seusai pertandingan.

Djadjang menilai secara permainan, keseluruhan kedua tim mengalami penurunan karena waktu istirahat yang kurang dari 24 jam. “Kedua tim bermain ngotot meskipun kita sebenarnya masih dalam kondisi cukup lelah,” ucap Djadjang.

Komentar senada juga diungkapkan pelatih Sriwijaya, Kas Hartadi. Menurutnya duel tadi malam cukup menghibur, meski hanya satu gol yang tercipta. “Kedua tim saling menyerang walaupun pada akhirnya kita kecolongan di menit-menit awal babak kedua,” tandas Kas Hartadi.

Selain berhak atas trofi Celebes Championship, pasukan Maung Bandung bisa menikmati hadiah uang sebesar Rp 100 juta. Sementara Sriwijaya berhak atas uang pembinaan Rp 75 juta. Sedangkan Makasar United yang tampil sebagai tim terbaik ketiga usai mengalahkan Barito Putera 2-1, berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 50 juta.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)