Catatan rekor Si Manusia Ikan

Selasa, 18 Desember 2012 - 04:43 WIB
Catatan rekor Si Manusia Ikan
Catatan rekor Si Manusia Ikan
A A A
Sindonews. com - Ketangguhan Ryan Lochte tak terbantahkan di kolam renang. Dia menjelma sebagai perenang paling cepat di dunia setelah kembali membuat rekor baru di Kejuaraan Dunia Renang Jarak Pendek di Sinan Erdem Arena, Istanbul, Turki, Sabtu (15/12).

Setelah mendapat medali emas di nomor 200 meter gaya bebas, 4 x 100 meter gaya bebas, dan 4 x 200 meter estafet gaya bebas, perenang asal Amerika Serikat (AS) itu memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri di nomor 200 meter gaya ganti. Perenang berusia 28 tahun ini membukukan waktu tercepat 1 menit 49,63 detik memperbarui torehan sebelumnya 1 menit 50,08 detik yang dibuatnya di Dubai, Desember 2010.

Terbaru, perenang berjuluk The Lochtenator ini memecahkan rekor dunia nomor 100 meter gaya ganti yang dibuatnya di babak semifinal kejuaraan tersebut. Dengan rekor baru 50,71 detik, Lochte memecahkan rekor sebelumnya milik perenang Slovenia Peter Mankoc. Jadi, tak salah jika pencinta renang dunia memberinya julukan ”manusia ikan”.

Itu wajar karena kecepatan Lochte saat berenang bisa mengimbangi ikan lumba-lumba. "Kami begitu terkesan melihat penampilannya. Setiap tampil, dia selalu saja membuat prestasi seperti nomor 100 meter gaya ganti ini," ujar fans Lochte di Istanbul, dikutip The Guardian.

Meski begitu,Lochte tak silau dengan prestasi yang ditorehkannya. Dia menilai, capaiannya ini tak lepas dari dukungan fansyang begitu antusias di Sinan Erdem Arena. Dukungan itu pula yang menjadi alasannya memberi medali emas 200 meter gaya ganti kepada seorang anak berusia 10 tahun.

"Saya merasa prestasi ini tak bisa lepas dari dukungan mereka," pungkasnya.

Yang jelas, pecahnya dua rekor dunia itu membuat dia meraih empat medali emas sementara waktu di Istanbul. Jika ditotal, Lochte telah mengoleksi total 27 medali emas selama keterlibatannya sebagai perenang profesional.
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6842 seconds (0.1#10.140)