Lima klub asing ramaikan Djarum Superliga 2013

Jum'at, 11 Januari 2013 - 08:11 WIB
Lima klub asing ramaikan Djarum Superliga 2013
Lima klub asing ramaikan Djarum Superliga 2013
A A A
Sindonews.com - Penyelenggaraan Djarum Superliga Badminton 2013 di DBL Arena Surabaya,3–9 Februari mendatang,pasti akan lebih menarik dengan kehadiran lima klub asing.

Mereka akan bersaing dengan para pebulu tangkis nasional dari berbagai klub terbaik untuk memperebutkan prestasi terbaik. “Para peserta dari luar negeri itu akan mendapat tantangan serius dari pemainpemain terbaik Indonesia yang tersebar di sejumlah klub Tanah Air,”kata Direktur Superliga Yoppy Rosimin di Jakarta,seperti dilansir Antara.

Menurut Yoppy, keikutsertaan lima klub tersebut sudah melalui mekanisme seleksi dan pertimbangan berdasarkan peringkat atlet pebulu tangkis dunia.Yang pasti, kehadiran sejumlah pemain asing itu pada turnamen yang diikuti 10 tim putra dan 8 tim putri tersebut diharapkan dapat memacu semangat dan pertukaran ilmu dengan para pemain lokal. Kesempatan mencuri pengalaman dan ilmu dari pemain luar negeri dapat dimanfaatkan untuk memperluas perspektif dan kemampuan bermain para atlet nasional.

Peluang menambah ilmu dan pengalaman tersebut tidak hanya tersedia saat melawan klub asing karena beberapa klub lokal juga pada ajang ini diizinkan menambah kekuatan tim dengan menggunakan pemain asing. “Kesempatan bisa bertemu dan bertanding dengan pemain-pemain bintang dari luar negeri bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh para pemain Indonesia, ”kataYoppy.

Pada ajang 2011,Superliga diramaikan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei yang berhasil membawa klubnya,SGS PLN Bandung,meraih gelar juara.“Kehadiran klub-klub asing ini merupakan sejarah bagi bulu tangkis Indonesia,”kata Yoppy. Namun,kehadiran pemain-pemain asing itu tentu harus dibayar dengan nilai kontrak mencapai ribuan dolar AS pada turnamen berhadiah total Rp1,6 miliar ini.

Lima klub asing yang akan ikut berlaga pada Superliga tersebut adalah Unisys, Renesas,Tonami (Jepang),Koran Gingseng Company (Korea Selatan),serta Malaysian Tiger dan Malaysian Mas (Malaysia). Mereka akan menantang klub-klub terkuat Indonesia seperti Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta,Tangkas Specs Jakarta, SGS PLN Bandung,Mutiara Bandung,Jaya Raya Suryanaga Surabaya,dan Musica Champions Kudus.Seluruh tim lokal menyertakan tim putri,kecuali Musica Champions Kudus,Tangkas Specs Jakarta, dan SGS PLN Bandung.

Sementara itu,pebulu tangkis terbaik dunia Lee Chong Wei memastikan diri ikut ambil bagian dalam Djarum Superliga Badminton 2013.Pemain asal Malaysia tersebut akan memperkuat PB Musica Champion Kudus. Sebelumnya,Chong Wei sempat menolak membela klub tersebut. Menurut Manajer PB Musica Champion Kudus Haryanto,penolakan itu karena Chong Wei akan berkonsentrasi dengan kesibukan latihan dan persiapan di beberapa kompetisi di negaranya,Malaysia.

Namun, setelah tim melakukan pendekatan, kesepakatan pun terjadi.Negosiasi dengan Chong Wei juga membicarakan porsi atau kesempatannya bermain di ajang itu. “Dia dapat di pertandingan awal atau akhir.Jika ada jadwal kompetisi di Malaysia, dia dapat balik lagi.Intinya,kehadirannya untuk meramaikan kompetisi.Saya optimistis Chong Wei akan mampu melibas semua lawan dan dapat membawa tim ini ke tangga juara seperti yang dilakukannya bersama klub PB SGS PLN Bandung pada 2011,”kata Haryanto.

Selain Chong Wei, Musica juga menarik Lee Hyun-il (Korea Selatan) yang menempati peringkat 21dunia. Di nomor putri,peringkat 4 dunia asal Jerman Juliane Schenk juga dipastikan hadir.Dia akan membela PB Djarum Kudus untuk meraih gelar juara.Pemain Taiwan Tai Tzu Yong yang menempati peringkat 10 dunia akan bahu membahu dengan Maria Febe Kusumastuti untuk memenangkan PB Djarum pada kejuaraan kali ini.

Klub lainnya, PB SGS PLN,juga mengkaji merekrut Kenichi Tago (Jepang) atau Wang Zhengming (China).Sementara andalan Thailand Boonsak Ponsana akan membela Jaya Raya. SementaraYoppy mengatakan,nilai kontrak para pemain asing di Superliga tersebut dapat mencapai kisaran USD3.000–4.000,dan USD7.500 -10.000 untuk pemain dunia
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7790 seconds (0.1#10.140)