Gaji minim, bonus maksimal

Minggu, 13 Januari 2013 - 18:32 WIB
Gaji minim, bonus maksimal
Gaji minim, bonus maksimal
A A A
Sindonews.com - Managemen Persiba Bantul merancang strategi finansial setelah PSSI dan operator liga PT Liga Prima Indonesian Sportindo (LPIS) membatasi pengeluaran maksimal Rp12 miliar selama semusim ke depan. Strategi yang diterapkan tim Laskar Sultan Agung adalah dengan mengurangi gaji pemain serta mematok tinggi bonus kemenangan setiap laga.

Manager Persiba Briyanto mengatakan, adanya kebijakan itu menuntun setiap tim yang berada di bawah naungan operator PT LPIS lebih berhemat dalam membayar gaji pemain. Dia tidak menampik dengan gaji yang dikurangi berpotensi kinera pemain menjadi kurang maksimal. "Tapi itu bisa disiasati dengan strategi yang akan kami terapkan," katanya,
Minggu (13/1/2013).

Briyanto mengatakan sebenarnya strategi yang diterapkan tim kebanggaan Paserbumi -julukan setia Persiba- cukup sederhana. Yakni dengan menggandakan bonus kemenangan bagi setiap pemain. "Tujuannya agar pemain berhasrat ingin memenangi laga, sehingga mainnya di lapangan juga maksimal," ungkapnya.

Langkah tersebut dianggap jitu agar dengan gaji minim pemain tetap bersemangat membela klub. "Sederhananya seperti itu, gaji minim tapi nominal bonus ditambah. Saya kira itu (bonus ditambah) bisa meningkatkan motivasi pemain di lapangan. Yang penting total pengeluaran klub selama semusim tidak lebih Rp12 miliar," ujarnya.

Menurut dia, langkah tersebut juga bagian dari pengalaman sebelumnya. Saat masih dalam tahap seleksi, pemain tampil penuh semangat untuk memikat hati managemen. Tentunya dengan harapan agar disodori nilai kontrak yang tinggi. Namun setelah dikontrak, saat bermain di ajang resmi (kompetisi) di lapangan menjadi kurang maksimal.

"Saat seleksi tampil menunjukkan kemampuan terbaik dan mati-matian. Namun setelah dikontrak, mainnya menjadi nglokro (kurang semangat). Itu yang harus dihindari, salah satunya dengan memberinya bonus kemenangan yang memadai," jelas Mantan Manager Timnas U-17 PSSI.

Dia optimistis penerapan kebijakan gaji minim dan bonus dimaksimal ini akan memberi nilai positif bagi Persiba. "Karena setiap laga yang dijalaninya akan tampil semangat mengejar kemenangan. Jika memang, raihan poin tim di klasemen pun bertambah," ujarnya.

Briyanto menambahkan, dalam waktu dekat ini kebijakan tersebut akan disosialisasikan kepada pemain. Dia berharap pemain bisa menerima kebijakan yang diterapkan tersebut. Namun, jika pemain menolak managemen juga membuka pintu hengkang kepada pemain yang tidak menyutujui kebijakan tersebut. "Ya monggo saja (kalau hengkang)," imbuhnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7006 seconds (0.1#10.140)