Hat-trick tandang pengaruhi psikis pemain Persiba

Selasa, 29 Januari 2013 - 19:46 WIB
Hat-trick tandang pengaruhi...
Hat-trick tandang pengaruhi psikis pemain Persiba
A A A
Sindonews.com - Persiba Bantul harus menjalani laga berat di awal musim kompetisi Indonesian Premier League (IPL) 2012/2013. Tim Laskar Sultan Agung itu harus melakoni tiga pertandingan tandang secara beruntun.

Bisa mencuri poin di setiap laga tandang tersebut sudah bagus bagi tim yang diarseteki Sajuri Syahid. Dia kaget mendapati tim asuhannya harus menjalani laga tandang tiga kali berturut-turut di awal musim.

Bagaimana pun, jadwal berat yang dijalani berpengaruh secara psikologi bagi Marcio da Souza dkk. "Mental saat bermain di kandang maupun tandang itu berbeda. Tiga kali laga tandang tentu berpengaruh pada psikologis pemain," katanya, Selasa (29/1).

Berdasarkan jadwal IPL 2013, tim kebanggaan publik Bantul ini harus menjalani laga perdana di Stadion Gajayana Malang menghadapi tuan rumah Arema FC pada 17 Februari. Pada 27 Februari, Persiba harus berjibaku kontra tim promosi IPL Pro Duta FC di Stadion Baharudin Medan. Seminggu kemudian (2 Maret). Persiba menantang Semen Padang FC di Stadion Agus Salim.

Melihat jadwal itu, Sajuri mengaku sulit bisa mendulang poin maksimal. Faktor keletihan pemain menjadi salah satu alasannya, termasuk belum pasti bergabungnya para pilarnya yang membela Timnas Merah Putih. "Meraih poin penuh bukan hal yang mudah, tapi kami juga tidak ingin kehilangan poin. Target kami hanya bisa mencuri poin di kandang mereka," kata dia.

Pelatih yang sudah berlisensi A nasional ini mengakui, sejuah ini masih belum bisa mengukur kekuatan calon tiga lawan yang akan dihadapi tersebut. Namun, yang pasti di klasemen akhir IPL musim lalu, posisi Arema FC maupun Semen Padang musim lalu posisinya di atas Persiba. Arema berada di posisi 4 atau satu setrip di atas Persiba, sedangkan Semen Padang adalah kampiun IPL musim lalu.

Dia mengakui, belum paham betul dengan skuad Arema FC saat ini. Namun, tim asal Jawa Timur ini memiliki tradisi sepak bola yang kuat. "Laga perdana tentu sulit, apalagi saya belum tahu skuad Arema yang sekarang ini. Lawan Semen Padang juga pasti tidak mudah. Mereka adalah juaranya (juara IPL 2012)," ungkapnya.

Sajuri juga tidak meremehkan kekuatan Pro Duta FC. Meski tim milik anggota Exco PSSI Sihar Sitorus itu sebagai tim promosi, namun tetap harus diwaspadai. "Berhasil promosi ke kasta tertinggi, menunjukkan tim yang bagus. Jadi jangan dianggap remeh," tegasnya.

Namun, Sajuri memastikan tim yang didukung suporter Paserbumi ini secara materi pemain sudah dianggap kompetitif untuk mengarungi IPL. "Kita memiliki materi pemain yang bagus. Tentu ini menjadi modal penting mengikuti semusim penuh di IPL," kata dia.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1879 seconds (0.1#10.140)