Persiba away tanpa empat pilar Timnas

Kamis, 31 Januari 2013 - 19:28 WIB
Persiba away tanpa empat pilar Timnas
Persiba away tanpa empat pilar Timnas
A A A
Sindonews.com - Persiba Bantul harus menjalani laga berat di awal laga Indonesian Premier League (IPL). Tim Laskar Sultan Agung harus away (tandang) tiga kali ke kandang lawan. Yakni ke markas Arema Indonesia, Pro Duta FC, dan Semen Padang.

Di tiga laga tersebut, ada kemungkinan Persiba tidak bisa menggunakasan jasa 4 pemainnya yang membela Timnas Merah Putih. Yakni Nopendi, Slamet Nurcahyo, Wahyu Tri Nugroho, dan Handy Ramdhan.

Keempat pilar yang saat ikut sedang membela Merah Putih kemungkinan baru selesai pada 10 Februari. Sementara laga perdana Indonesian Premier League (IPL) ditabuh pada 17 Februari. Waktu yang mepet dikhawatirkan membuat teamwork Persiba kurang padu.

Pelatih Persiba Sajuri Syahid mengatakan, sesuai jadwal agenda Timnas selesai pada 10 Februari. Para pemainnya bisa pulang ke klubnya masing-masing. Namun, jika molor maka akan berat resiko yang dihadapi. "Mereka (pemain Persiba di Timnas) tetap andalan bagi kami. Namun tidak mungkin langsung memainkannya jika waktunya (laga resmi IPL) mepet," katanya, Kamis (31/1).

Menurut dia, pemain yang dimainkan sebagai starting XI harus mempunyai kesiapan fisik yang prima. Jika kondisi 4 pilarnya sepulang dari agenda Timnas kurang fit, Sajuri lebih memilih menggunakan pemain lain. Selain itu, sebelum laga resmi digelar, para pilarnya tersebut juga harus mengikuti latihan agar teamwork bisa solid.

"Kami akan tetap membawanya ke kandang Arema jika kondisi fisik mereka prima. Mereka juga butuh latihan dengan rekan-rekan lain agar teamwork bisa terjalin padu. Jika dua syarat itu tidak dipenuhi, saya akan memasang pemain lain," beber pelatih berlisensi A nasional.

Sajuri mengakui, jika tetap memasangkan 4 pilarnya itu justru dikawatirkan menjadi bumerang bagi timnya. Apalai datang ke Stadion Gajayana Malang tidak untuk 'menyetorkan poin' kepada tuan rumah, namun tetap menargetkan bisa mencuri poin. "Laga perdana pasti sulit bagi tim mana pun. Maka dibutuhkan pemain yang siap secara fisik dan mental. Kami ingin mencuri poin di Malang," ungkapnya.

Dia mengatakan, tanpa 4 pilarnya ke Malang, materi pemain yang dimiliki tetap bisa mencuri poin. Saat ini, tim yang didukung Paserbumi (julukan suporter Persiba) sudah memiliki 24 pemain. Yang jelas, trio asing Persiba Ezequiel Gonzalez, Eduardo Bizarro dan Marcio Souza dalam kondisi fit sehingga bisa diandalkan mencuri poin dari tim yang musim lalu finish satu setrip di atas Persiba.

Seperti diketahui, berdasarkan jadwal IPL 2013, tim kebanggaan publik Bantul ini harus menjalani tiga kali laga tandang. Pada 17 Februari melawat ke Stadion Gajayana Malang menghadapi Arema, pada 27 Februari menantang tim promosi IPL Pro Duta FC di Stadion Baharudin Medan serta 2 Maret meladeni kampiun IPL 2012, Semen Padang FC di Stadion Agus Salim.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6623 seconds (0.1#10.140)