AIBA buka jalan bagi tinju Kuba

Sabtu, 02 Februari 2013 - 19:23 WIB
AIBA buka jalan bagi tinju Kuba
AIBA buka jalan bagi tinju Kuba
A A A
Sindonews.com - Harapan negara Kuba untuk menggelar tinju profesional akhirnya mendapatkan titik terang. Hal ini setelah presiden Asosiasi Tinju Internasional (AIBA), Ching Kuo Wu memberikan sinyal usai mengunjungi negara tersebut untuk membahas sejumlah masalah termasuk keinginan meraka bergabung dalam Pro Boxing.

"Mereka sangat serius tentang hal itu. Kami telah membuka jalan bagi mereka dan mereka serius mempertimbangkan untuk bergabung, bahkan akan tunduk pada persetujuan akhir oleh otoritas Kuba," katanya seperti dilansir Super Sport, Sabtu (2/2/2013).

Sebenarnya Kuba telah menjadi negara yang paling sukses menciptakan sejumlah petinju profesional setelah Amerika Serikat. Salah satunya petinju kelas berat Teofilo Stevenson di mana dia berhasil meraih tiga medali emas di Olimpiade. Namun, sejak itu mereka justru mendapatkan pil pahit ketika tidak diberikan izin dari presiden mereka yang saat itu masih dipimpin oleh Fidel Castro pada 1962, untuk melakukan pertarungan tinju profesional lagi.

Karenanya, Wu percaya bahwa WSB (liga tinju profesional) dapat menjembatani antara tinju jajaran amatir dan profesional. "Mereka sangat nyaman untuk bergabung, karena mereka ingin memberikan petinju untuk bertarung kembali di Olimpiade, dan WSB merupakan langkah maju yang sangat penting untuk Kuba," pungkas Wu.
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5295 seconds (0.1#10.140)