United mengenang 55 tahun tragedi Munich

Rabu, 06 Februari 2013 - 17:34 WIB
United mengenang 55...
United mengenang 55 tahun tragedi Munich
A A A
Sindonews.com - Hari ini, Rabu, 6 Februari 2013, tepat 55 tahun yang lalu, sebuah tragedi memilukan menimpa raksasa Liga Inggris, Manchester United.
Pada 6 Februari 1958 silam, skuad The Red Devils yang kala itu masih dilatih Sir Matt Busby baru saja melakoni laga tandang melawan tuan rumah Red Star Belgrade di perempat final Piala Champions (kini Liga Champions). Namun nahas, pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di Muenchen, Jerman.
Peristiwa tragis itu terjadi saat pesawat British European Airways dengan nomor penerbangan 609 sedang transit di Bandara Munich-Riem, Jerman. Pesawat tergelincir tiga kali karena licinnya salju yang menutupi landasan.
Sebanyak 23 orang dinyatakan tewas dengan delapan di antaranya pemain United. Selain itu, tiga staf klub, delapan jurnalis yang ikut meliput, serta dua penumpang lainnya juga tewas. Sedangkan, sang pelatih, Matt Busby, menderita cedera parah, namun berhasil diselamatkan.
Pemain Setan Merah yang tewas adalah Geoff Bent, Roger Byrne,Eddie Colman, Duncan Edwards, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, dan Liam Whelan.Sementara itu, 21 orang dinyatakan selamat di antaranya Sir Bobby Charlton, Dennis Viollet dan kiper Harry Gregg. Bahkan Gregg sempat menolong beberapa orang yang selamat dari kecelakaan tersebut.
Pasca tragedi tersebut, United dilatih oleh oleh asisten Busby, Jimmy Murphy, hingga sang pelatih sembuh. Setan Merah pun sempat terpuruk pada masa itu sebelum akhirnya bangkit kembali di era Dennis Law dan George Best.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7879 seconds (0.1#10.140)