Simon bekerja diatas statistik

Sabtu, 09 Februari 2013 - 10:22 WIB
Simon bekerja diatas statistik
Simon bekerja diatas statistik
A A A
Sindonews.com – Di Indonesia hanya sedikit pelatih yang menggunakan data dan statistik secara mendetail. Salah satunya adalah pelatih Pelita Bandung Raya (PBR), Simon McMenemy. Pelatih asal Inggris itu, ternyata selama ini bekerja diatas data dan statistik.

Untuk mendukung keperluannya akan data dan statistik setiap pemain PBR. Simon tentu tidak bisa bekerja sendirian. Manajemen PBR secara penuh mendukung keinginan Simon tersebut. Salah satunya melakukan kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Pihak FPOK UPI memberikan bantuan tenaga mahasiswa yang secara khusus bertugas melakukan pencatatan seperti jumlah umpan, tendangan sudut, tendangan bebas, dan lainnya. Hasil pencatatan data dan statistik ini pada setiap pertandingan diserahkan saat jeda dan setelah pertandingan.

“Kita mulai bertugas sejak pertandingan PBR melawan Persiba. Buat kami sendiri ini adalah pengalaman yang berharga. Bisa dikatakan sambil bekerja dan belajar,” jelas salah seorang mahasiswa pencatat data dan statistik kepada Sindo di sela pertandingan PBR kontra Persija, Selasa (5/2) lalu.

Sementara itu, Media Officer PBR, Budi Kresnadi membenarkan jika keterlibatan para mahasiswa FPOK UPI tersebut merupakan tindak lanjut dari keinginan Simon. “Mereka memang sengaja kita libatkan karena ada permintaan langsung dari Simon. Selain mayoritas diantara mereka paham olahraga juga punya kemampuan untuk melakukan pencatatan apa saja data yang diperlukan pelatih,” ungkap Budi.

Para mahasiswa ini rencananya akan dilibatkan hingga akhir musim nanti. Sebab kata Budi, statistik saat ini merupakan sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari perkembangan sepak bola modern. Hal itu sudah dipraktekkan banyak pelatih di belahan dunia lain.

“Ini memang menarik karena data dan statistik bisa menjadi ukuran lain yang digunakan untuk menilai performa pemain selain hal lain yang selama ini sering digunakan seperti kemampuan teknis, skill, mental dan fisik. Insya Allah para mahasiswa ini akan dilibatkan hingga akhir musim nanti,” cetus Budi.

Proses pencatatan data dan statistik juga dilakukan saat PBR menjalani laga tandang. Namun, Simon biasanya memanfaatkan tenaga ofisial tim dan staf pelatih yang membantunya bekerja.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8274 seconds (0.1#10.140)