Demi Timnas, ISL stop sementara

Rabu, 06 Maret 2013 - 00:37 WIB
Demi Timnas, ISL stop sementara
Demi Timnas, ISL stop sementara
A A A
Sindonews.com - PT Liga Indonesia (Liga) siap sesuaikan jadwal kompetisi terkait rencana digelarnya pelatihan nasional (Pelatnas) tim nasional (timnas) Indonesia. Demi timnas, Liga berencana memberhentikan sementara roda kompetisi Indonesia Super League (ISL) pada 18-26 Maret 2013.

Liga sebagai operator dan penanggung jawab suksesnya kompetisi ISL, akhirnya mengambil langkah cepat terkait digelarnya Pelatnas timnas Garuda. Liga memutuskan untuk memberhentikan jalannya roda kompetisi untuk sementara waktu, demi suksesnya perjuangan timnas Garuda saat menjamu Arab Saudi di Pra Piala Asia (PPA) Grup C 2015, (23/3).

"Dalam preparasi yang sangat pendek ini, kami (Liga) mengantisipasi pertukaran jadwal yang paling ideal (dengan tetap memaintain ritme kompetisi). Jadi, kemungkinan untuk Pra Piala Asia menghadapi Arab Saudi, ISL akan off mulai 18 sampai 26 Maret," ungkap CEO Liga, Joko Driyono.

Jokdri, biasa Joko Driyono disapa, juga mempertegas apa yang dimaksud dengan off mulai 18 sampai 26 Maret tersebut. Dirinya pun memaparkan, jika yang dimaksudnya ini adalah, Liga benar-benar memberhentikan atau tidak memainkan semua pertandingan-pertandingan ISL pada interval tersebut.

Hal ini sekaligus menepis kabar, jika hanya klub-klub yang pemainnya dipanggil dalam Pelatnas timnas saja yang untuk sementara waktu tidak menggelar pertandingan. Dari jadwal yang sudah disusun oleh Liga sebelumnya dan jika dilihat dari interval pemberhentian kompetisi ISL untuk sementara waktu, ada sekitar 15 pertandingan yang harus ditukar jadwal.

Untuk mengantisipasi hal itu, Joko pun mengaku sudah menyiapkan dua opsi pertukaran jadwal pertandingan. Opsi-opsi tersebut antara lain, menyisipkan pertandingan-pertandingan tersebut pada jadwal existing. Atau opsi selanjutnya, dengan menggeser semua partai-partai pada interval tersebut.

"Semua pertandingan di interval tersebut yang tidak dimainkan. Penyesuaiannya InsyaAllah, tidak akan ada masalah. Kami membuat dua opsi, pertama disisipkan pada jadwal existing atau semuanya digeser. Sekarang kami juga sudah lakukan simulasi. Dan InsyaAllah, pada pekan ini semuanya sudah selesai," papar Joko.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Badan Tim Nasional (BTN) akhirnya memanggil 57 pemain untuk bergabung dalam Pelatnas yang rencanaya akan digelar, Kamis (7/3). Wakil ketua BTN Harbianyah Hanafiah pun menjelaskan, jika dirinya menjamin para klub-klub ISL akan melepas para pemainnya untuk memperkuat timnas Garuda.

"InsyaAllah dari ISL akan datang. Karena saya juga sudah tanda tangan surat pemanggilan. Setelah ini saya juga akan telepon para pemilik klub ISL yang pemainnya dipanggil untuk masuk timnas," jelas Harbiansyah.

"Pada tanggal 7 Maret, pemain yang dipanggil harus datang. Pokonya, saya panggil lewat telepon kepada klub-klub masing. Kalau kompetisi IPL (Indonesia Premier League), saya tidak tahu bagaimana urusannya. Karena itu jadi tugasnya pak Habil (Marati)," sambung pria yang juga petinggi Persisam Putra Samarinda tersebut.

BTN yang diketuai Isran Noor, memang terlihat serius untuk mengusahakan timnas di isi oleh pemain-pemain terbaik. Dalam pemanggilan 57 nama pemain yang ada, Habiansyah pun mengaku sampai berkonsultasi dengan beberapa pelatih terbaik di Tanah Air saat ini. Dan rencanaya, dari 57 pemain yang dipanggil pada Pelatnas tahap awal, akan disaring sampai 23 nama yang nantinya akan didaftarkan untuk menghadapi Arab Saudi.

"Kami ingin fokus dulu ke timnas untuk menghadapi Arab Saudi. Pemain tambahan masuk, setelah kami melakukan beberapa konsultasi dengan berbagai pelatih termasuk RD (Rahmad Darmawan). Tapi siapa yang akan dimasukan dalam 23 nama, itu terserah Blanco (Luis Manuel Blanco)," tutup Harbiansyah.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3809 seconds (0.1#10.140)
pixels