Timnas Indonesia gagal curi poin dari Arab Saudi

Sabtu, 23 Maret 2013 - 21:07 WIB
Timnas Indonesia gagal...
Timnas Indonesia gagal curi poin dari Arab Saudi
A A A
Sindonews.com - Tim nasional Indonesia harus menelan pil pahit saat bersua dengan Arab Saudi dalam laga pra kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C, Sabtu (23/3/2013). Sempat unggul, Timnas Merah Putih harus mengakui keunggulan sang lawan dengan skor tipis 1-2.

Striker timnas Indonesia, Boaz Solossa membuka keunggulan Indonesia pada menit ke-5. Gol ini berawal dari bola yang dilepaskan oleh kiper Kurnia Mega ke arah gawang Arab. Bola tersebut gagal dihalau oleh pemain belakang Arab dan diterima oleh Boaz. Dengan tenang, pemain asal Papua itu menceploskan bola ke sudut kanan atas gawang Arab dengan sepakan kaki kirinya.

Pada babak pertama, Arab sebenarnya menguasai pertandingan. Mereka mampu mengurung pemain Indonesia di daerah mereka sendiri. Namun, pertahanan kokoh Indonesia membuat pemain Arab kesulitan dalam memberikan ancaman.

Buah kerja keras tim Arab membuahkan hasil. Pada menit ke-14, Arab mampu menjebol gawang Indonesia lewat tandukan Yahia Sulaiman. Kiper Kurnia Meiga tak berdaya dalam menghalau bola yang meluncur deras ke gawangnya.

Arab punya beberapa peluang emas. Beruntung Kurnia Meiga masih sigap dalam mengamankan gawangnya. Beberapa penyelamatan luar biasa dia lakukan demi menjaga gawangnya dari kebobolan.

Jelang akhir, Indonesia mencoba menekan. Ponaryo Astaman dkk mencoba merangsek masuk ke pertahanan Arab. Sayang, tembok pertahanan Arab masih cukup disiplin. Hingga akhir babak pertama skor 1-1 tetap bertahan.

Pada babak kedua, Arab lebih tenang dalam menyusun serangan. Permainan kaki ke kaki dipertontonkan pasukan Juan Ramon Lopez Caro tersebut. Sayang, gaya permainan tersebut belum membuahkan hasil.

Indonesia kembali melakukan taktik serangan balik. Taktik itu hampir membuahkan hasil. Namun, upaya yang digalang oleh Boaz dan Sergio van Dijk masih bisa diredam oleh kiper Arab, Waleed Abdullah Bin Ali.

Arab berbalik unggul 2-1 berhak gol Yousuf Mansouer Al Saleh pada menit ke-56. Lagi-lagi sektor kiri pertahanan Indonesia yang jadi titik lemah. Bola yang dikirim dari sisi inilah yang menjadi awal gol Arab. Meski mendapat pengawalan dari dua pemain belakang Indonesia, Yousuf tetap berhasil menyundul bola. Kurnia Meiga dibuat tak berdaya.

Indonesia mencoba bangkit. Pelatih Rahmad Darmawan menerapkan strategi menyerang dengan menempatkan empat penyerang. Dia memasukan Irfan Bachdim dan Greg Nwokolo. Sayang, timnas tetap tak bertaji di hadapan kokohnya pertahanan Arab.

Jelang akhir laga, Van Dijk sempat membuat ancaman dengan sundulan kepalanya. Tapi, bola yang melaju kencang itu masih tipis di atas mistar gawang Arab. Hingga akhir laga, Indonesia tetap gagal mengejar ketertinggalan.

Ini merupakan kekalahan kedua Indonesia di babak kualifikasi Grup C. Sebelumnya, Skuad Garuda kalah 0-1 dari Irak. Selanjutnya, Indonesia akan menjamu China di Stadion Gelora Bung Karno, 15 Oktober 2013.

Susunan pemain:
Indonesia
: Kurnia Meiga; Supardi, Hamka Hamzah, Zulkilfi Sukur, Victor Igbonefo, Ponaryo Astaman (Ahmad Bustomi 89), Imannuel Wanggai, Ian Louis Kabes (Greg Nwokolo 63), M Ridwan (Irfan Bachdim 75), Sergio van Dijk, Boaz Solossa

Arab Saudi: Waleed Abdullah Bin Ali; Ahmed Hassan M Nasri, Mansour Ateeq S Alharbi, Osama Abdulrzaq M Hawsawi, Omar Ibtahim Othman, Kamil Saddiq E Almousa, Yahia Sulaiman A Alshehri (Ahmed Hassan 88), Nawaf Shaker F Alabid (Salem Muhammad 70), Saud Ali Kariri, Taiseer Jabir A Aljassam, Fhad Mosaed, Yousef Mansour (Naif Hazazi 92)
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7204 seconds (0.1#10.140)