Mr Mou dekati rekor Sir Alex

Selasa, 02 April 2013 - 17:28 WIB
Mr Mou dekati rekor...
Mr Mou dekati rekor Sir Alex
A A A
Sindonews.com - Pelatih Real Madrid Jose Mourinho memiliki kesempatan yang besar menyamai rekor yang telah ditorehkan pelatih asal Skotlandia Sir Alex Ferguson bersama klubnya Manchester United di ajang Liga Champions. Pelatih asal Portugal itu telah mencapai babak semifinal Liga Champions sebanyak enam kali, serta berpeluang mendekati pencapaian Ferguson bila mampu mengalahkan Galatasaray.

Seperti dilansir Football-Espana, Selasa (2/4/2013) jika tim Ibu kota Spanyol mampu mengalahkan wakil dari Turki pada perempat final, maka Mou akan menjadi pelatih kedua setelah Ferguson yang mampu mencapai semifinal Liga Champions sebanyak tujuh kali. Bersama Madrid, Mourinho telah mengantarkan Los Blancos mencapai empat besar dalam dua musim terakhir.

Sementara itu, sebelumnya Mou mencicipi semifinal Liga Champions pertama kali saat mengarsiteki FC Porto pada musim 2003-2004 yang sekaligus membawanya meraih gelar juara. Pelatih berjuluk The Special One itu juga pernah mengantarkan Chelsea capai semifinal selama dua kali pada musim 2005 dan 2007, meski harus gagal keduanya. Tak berhenti sampai di situ, giliran Inter Milan yang lolos ke babak semifinal dan lanjut menjadi juara pada musim 2009-2010.

Jika Mourinho berhasil melaju ke semifinal dengan empat tim berbeda dari empat negara, pencapaian Ferguson justru hanya bersama satu klub Manchester United selama 26 tahun. Pelatih berusia 71 tahun itu telah mengantarkan raksasa Liga Premier Inggris meraih dua gelar juara Liga Champions, serta tambahan dua penampilan di laga final (di mana keduanya takluk oleh Barcelona).

Selanjutnya, United harus gagal di tiga semifinal, pada periode 1996-97, 2001-02, dan 2006-07 setelah dipaksa menyerah oleh tim yang akhirnya menjadi jawara kompetisi tertinggi Eropa, Borussia Dortmund, Real Madrid, dan AC Milan. Selain kedua pelatih tersebut ada juga Miguel Munoz yang sukses bersama Madrid mencapai semifinal sebanyak lima kali setara dengan Marcello Lippi dan Louis van Gaal, sementara Vicente del Bosque, Helenio Herrera dan Pep Guardiola hanya mampu meraih empat kali.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1454 seconds (0.1#10.140)