Rexy berencana terapkan sport science

Selasa, 09 April 2013 - 23:12 WIB
Rexy berencana terapkan sport science
Rexy berencana terapkan sport science
A A A
Sindonews.com - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rexy Mainaky berencana menerapkan program sport science bagi para atlet di Pelatnas PBSI Cipayung. Menurut Rexy, sport science merupakansuatu aspek yang sangat penting dalam menunjang prestasi atlet. Sport science sendiri merupakan teknik untuk meningkatkan kinerja para atlet

Peraih medali emas ganda putra Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Soebagdja ini menambahkan, sport science tersebut telah diterapkan oleh berbagai negara seperti China dan Malaysia. Jadi tidak ada salahnya bagi Indonesia menerapkan hal positif tersebut di olahraga bulu tangkis ini.

"Kami ingin semua atlet berlatih dengan nyaman dan punya motivasi tinggi. Dalam waktu dekat saya akan terapkan sport science," terang Rexy seperti dilansir PBSI, Selasa (9/4/2013).

"Sebagai contoh, Lee Chong Wei sudah pelajari pukulan-pukulan Lin Dan dari video permainan. Dia kalah di olimpiade dari Lin Dan hanya karena kurang beruntung saja. Contoh lain, di China, tiap pemain kalau habis kalah pelajari video pertandingan lalu langsung turun ke lapangan untuk latihan dan perbaiki pukulannya" lanjutnya.

Meski begitu, ia meminta penerapan sport science ini juga harus mendapat dukungan dari para pelatih agar program tersebut bisa berjalan dengan baik. "Mungkin dulu ada pelatih yang menganggap bahwa sport science hanya menghabiskan waktu. Tapi pandangan itu harus diubah. Pelatih juga manusia, dia tidak bisa mengingat semua informasi dari pemain terkait dengan performa di pertandingan," tegasnyanya.

Dalam penerapan iptek ini, Rexy menggandeng Basri Yusuf selaku Kabid Pengembangan. "Bersama pak Basri, saya juga akan membenahi pembinaan di daerah. Akan ada tim peneliti yang melakukan riset pada bibit-bibit muda," pungkas Rexy.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7494 seconds (0.1#10.140)