Formasi unik ala Persibangga

Kamis, 11 April 2013 - 16:07 WIB
Formasi unik ala Persibangga
Formasi unik ala Persibangga
A A A
Sindonews.com - Persibangga Purbalingga sudah bersiap sepenuhnya menjalani laga perdana Divisi Utama LPIS menantang PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Minggu (14/4). Meski berpredikat tim promosi, namun Laskar Soedirman tidak gentar menghadapi tim Elang Jawa yang bertabur bintang.

Menghadapi tim kebanggaan publik Sleman, Persibangga akan mengusung skema 3-6-1. Tentunya, formasi ini sedikit kurang lazim dalam sepakbola. Menempatkan tiga stoper, menumpuk 6 pemain di lini tengah serta menggantung satu striker. "Ya, itu yang akan kita usung di Sleman saat melawan PSS di laga pembuka Divisi Utama LPIS," kata Manager Persibangga Rokhman Supriyadi, kemarin.

Rokhman menegaskan, mengusung formasi 3-6-1 ini sudah penuh pertimbangan yang matang. Bahkan sudah dipraktekkan kala beruji coba melawan tim dari Divisi Utama LPIS juga, Pesires Bali Devata belum lama ini. Hasilnya, Persibangga menang telak, menggelontorkan empat gol tanpa balas. "Ternyata hasilnya cukup mengejutkan, karena dengan formasi itu (3-6-1) muncul improvisasi dari pemain secara tiba-tiba dalam melakukan penetrasi serangan," jelasnya.

Dia menambahkan, dengan pola 3-6-1 ini tim kebanggaan publik Kota Perwira bisa mengimbangi gaya permainan PSS Sleman yang dihiasi pemain bintang. "Pola ini disiapkan untuk mengimbangi permainan PSS Sleman. Persibangga akan memperkuat barisan tengah, dengan memperbanyak pemain di posisi tersebut," ungkapnya.

Dalam friendly match antara Persibangga kontra PSS Sleman di Maguwoharjo, Persibangga hanya kalah tipis 1-2. Sedangkan sepekan kemudian kala digelar di Stadion Goentoer Darjono, home base Persibangga, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Rokhman optimistis di laga pembuka itu, Gunaryo dkk bisa mencuri angka dari tuan rumah. "Dari kualitas permainan dan hasil pertandingan sebenarnya tidak beda jauh dengan mereka (PSS). Jadi kami optimistis bisa meraih poin," tegasnya.

Lantas siapa saja pemain yang akan mengisi starting up kala menantang tim Elang Jawa? Kiper dipercayakan kepada Suhaimin. Lini belakang diisi Willy Adi Susanto, Suwarno dan M Faizol Arif. Enam pemain di lini tengah masing-masing Farikhin, Nanto, Galih Tri Handoko, Voler Ortega dan Ruli Imanda. Sedangkan striker tunggal dipercayakan kepada Gunaryo.

Kubu Elang Jawa juga dalam semangat yang membara menyambut laga perdana nanti. Belum pernah tersentuh kekalahan selama pramusim menjadi salah satu modal penting bagi tim yang didukung suporter Slemania dan Brigata Curva Sud tersebut. Hampir dipastikan PSS mengusung formasi 4-4-2 dengan menempatkan duet striker Noh Alamshah dan Monieaga Bagus Suwardi.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3489 seconds (0.1#10.140)