Pato didaulat jadi pelatih bayangan Persip

Senin, 15 April 2013 - 15:43 WIB
Pato didaulat jadi pelatih...
Pato didaulat jadi pelatih bayangan Persip
A A A
Sindonews.com - Pemain senior Persip Pekalongan Patricio Jimenez atau yang akrab disapa Pato, kini memiliki peran baru di skuad berjuluk Laskar Kalong tersebut. Selain menjadi pemain, Pato kini juga didaulat untuk merancang semua program latihan Persip bersama asisten pelatih Sugeng Widodo.

Selain merancang program latihan, Pato juga didaulat untuk melatih Nur Coyo Cs meski posisinya bukan pelatih kepala. Sehingga bisa dikatakan Pato di sini diperankan sebagai pelatih bayangan. Hal ini dikarenakan, Pato tidak memiliki lisensi kepelatihan selama karirnya di dunia sepak bola.

Sebagaimana diketahui, setelah pelatih kepala Persip Agus Riyanto mengundurkan diri karena merasa tidak ada kecocokan dengan manajemen, kursi kepelatihan Persip di pegang oleh asistennya Sugeng Widodo.

Manajer Persip Aam Ikhwan mengaku, ditunjuknya Pato sebagai perancang program latihan Persip lebih karena pengalaman Pato di dunia sepak bola kurang lebih 23 tahun dan sejak tahun 2006 sudah bermain di Indonesia sampai sekarang.

''Keputusan ini kami ambil karena memang tim saat ini membutuhkan sosok pelatih. Pato kami anggap bisa menjadi sosok yang mampu membimbing dan memimpin pemain-pemain lain,” katanya.
Dia mengatakan, semua program latihan yang berkaitan dengan kemampuan tim serta tehnik diserahkan seluruhnya kepada Pato. Termasuk untuk merekomdasikan pemain yang akan masuk skuad persip pada putaran kedua nantinya. ''Jadi dia bukan pelatih kepala, tetap tetap melatih dan membatu tim,” katanya.

Dia berharap, dengan pengalaman yang dimiliki Pato mampu meningkatkan prestasi Persip dan mampu membawa Persip lolos ke babak 12 besar. Namun, tentunya hal itu tidak akan mudah, mengingat hingga putaran pertama berakhir Persip hanya mampu bertengger di urutan keenam dengan perolehan 9 poin.

Namun, bukan hal yang mustahil mengingat saat ini perolehan poin antara satu tim dengan tim lain tidak terlampau jauh, sehingga peluang untuk lolos masih terbuka lebar. ''Kami berharap Program-program Pato mampu meningkatkan tim dan meningkatkan prestasi kami,” ujarnya.

Disinggung mengenai persipan Persip jelang putaran kedua, Aam mengaku saat ini skuadnya sudah memiliki empat pemain baru yakni Endara Hendra Sanudra (gelandang), Ardhi Idrus (wing Bek) I Wayan Gede Bayu Yusa dan eks Striker PSIS Miko Ardianto.

Meski sudah ada tambahan empat pemain, Aam mengaku masih memutuhkan satu pemain untuk mengisi pos playmaker. Menurut rencana dalam waktu dekat ini akan datang Playmaker asing asal kamerun yakni George Nicholas. ''Kita sudah ada pembicaraan dengan George dan kami tinggal melihat kemampuan terakhirnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, jika nantinya di sektor tengah Persip mendapatkan tambahan pemain asing, diharapkan dapat meningkatkan performa tim, dengan semakin banyak melakukan variasi serangan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7636 seconds (0.1#10.140)