Yang petinju China pertama yang menang di AS

Senin, 15 April 2013 - 19:39 WIB
Yang petinju China pertama yang menang di AS
Yang petinju China pertama yang menang di AS
A A A
Sindonews.com - Para petinju China mulai memperlihatkan kualitasnya di pentas tinju profesional dunia. Setelah Xiong Zhao Zhong mampu memenangkan gelar dunia kelas mini WBC pada akhir tahun lalu, selanjutnya giliran petinju berbakat Zhou Shimming melakukan debut di tingkat profesional, pekan lalu.

Dan yang terbaru lagi, petinju kelas ringan tak terkalahkan asal Negeri Tirai Bambu, Ik Yang, menjadi petinju profesional China pertama yang berhasil menyabet kemenangan di Amerika Serikat. Pemilik nama lahir Yang Lian Hui itu hanya membutuhkan waktu dua ronde untuk merobohkan Ivan Zavala dari Meksiko, dalam sebuah kontes di Little Creek Casino Resort, Shelton, Washington, AS, pada akhir pekan lalu.

"Ini adalah kemenangan pertama seorang petinju China di Amerika Serikat. Itu adalah awal yang bagus, dan ia telah mendapatkan banyak penggemar dan teman di sini di Washington," ujar pelatih Yang, Chauncy Welliver, seperti dikutip Fight News.

Welliver pun memuji Yang sebagai petinju dengan gaya yang menghibur dan memiliki potensi besar. Dan tanpa ragu, Welliver juga menyebut petinju berusia 28 tahun itu sebagai petinju China terbaik yang pernah ada.

Yang mengawali karir tinju profesionalnya bukan dari negara asalnya, melainkan di Korea Selatan, dan ia pun banyak melakukan pertarungan di Negeri Ginseng. Sejak kali pertama bertarung pada 23 Juni 2007, petinju yang kini bermukim di Anyang, Korea Selatan, tersebut, telah melakoni total 13 kali pertarungan, dengan rincian 12 kali menang (8KO), dan satu kali no contest.

Pada 4 Mei 2012, Yang menyabet gelar kelas ringan Korea dengan merobohkan Jong-Won Won di ronde ketiga, sebelum mengalahkan Elly Ray untuk merebut sabuk WBO Zona China, satu bulan setelah keluar sebagai juara Korea.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6077 seconds (0.1#10.140)