PSSI akan evaluasi kinerja wasit

Jum'at, 26 April 2013 - 16:34 WIB
PSSI akan evaluasi kinerja wasit
PSSI akan evaluasi kinerja wasit
A A A
Sindonews.com - Ketua Komite Wasit, Roberto Rouw mengatakan, tidak menutup mata terkait maraknya kasus pemukulan wasit belakangan ini. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap kinerja sang pengadil di atas lapangan.
Sosok korps berbaju hitam menjadi sorotan tajam di persepakbolaan di Indonesia. Banyak tim-tim sepak bola di tanah air merasa dirugikan atas keputusan dalam suatu pertandingan.
Puncaknya, kurang dari satu minggu terjadi dua kasus menyerangan terhadap wasit, yakni kasus pemukulan pemain oleh pemain Persiwa Pieter Rumaropen dan penyerangan para pemain Persikabo.
Rouw menilai harus ada pembenahan, bila kejadian memalukan seperti ini tidak mau terulang kembali." Memang terus terang kita di komite wasit baru akan mulai. Kemarin kita terpecah (PSSI-KPSI)," ujar Rouw di kantor PSSI,Senayan.
"Pemukulan itu tidak akan terjadi kalau tidak penyebabnya. Makanya perangkat pertandingan pun kita akan lakukan evaluasi. Hukumannya wasit pasti keras, kan pemain sudah disanksi keras dan wasit juga harus keras. Semuanya harus bertanggung jawab atas tindakannya," paparnya.
Langkah kedepan PSSI, berjanji melakukan seleksi ketat dalam menetapkan pemilihan wasit. Salah satu caran perekrutan wasit nantinya Pengrov harus berkoordinasi dengan pusat (PSSI).
"Kita akan pakai syarat-syarat yang ketat untuk wasit-wasit itu, mana-mana yang bisa dipakai. Ada psikotestnya juga dalam perekrutan. Karena ini sangat penting masalah keadilan di lapangan," jelasnya.
"Penyegaran wasit memang perlu. Kita tata lagi wasit-wasit ini. Supaya tidak ada masalah seperti hal-hal yang telah terjadi di lapangan selama ini," imbuhnya.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9636 seconds (0.1#10.140)