Perbanyak uji coba, Timnas U-23 solidkan kerja sama

Senin, 10 Juni 2013 - 17:39 WIB
Perbanyak uji coba, Timnas U-23 solidkan kerja sama
Perbanyak uji coba, Timnas U-23 solidkan kerja sama
A A A
Sindonews.com - Persiapan matang jelang SEA Games XXVII/2013 di Myanmar terus dilakoni tim nasional (timnas) U-23. Setelah sebelumnya ditahan imbang, timnas U-23 Singapura, 1-1, di Stadion Manahan, Solo, (8/6), empat laga uji coba lain pun akan dijalani tim besutan Rahmad Darmawan (RD) tersebut.

Target tinggi di ajang SEA Games, membuat timnas U-23 Indonesia langsung tancap gas mempersiapkan diri. Setelah proses pelatihan nasional (pelatnas) tahap pertama resmi diikuti sekitar 30 pemain. Berbagai agenda uji coba pun semakin diperbanyak. Adapun uji coba perdana, tim Garuda Muda ditahan imbang, 1-1, saat menjamu timnas U-23 Singapura.

Pertemuan kedua tim pun akan kembali digelar pada 15 Juli mendayang. Dimana nanti, giliran timnas U-23 Singapura yang gantian menjadi tuan rumah. Setelah itu Joko Sasongko dkk akan menjajal timnas Brunei Darussalam dan Timor Leste pada Agustus. Tapi sebelum itu, timnas U-23 akan menjajal tim All Star yang salah satunya diisi pemain keturunan Indonesia asal Belgia, Radja Nainggolan pada 19 Juni.

"Pada 15 Juli 2013 kami juga kembali berhadapan dengan Singapura U-23. Tapi, gantian, Singapura U-23 yang bakal bertindak jadi tuan rumah. Selain itu, kami juga bakal beruji coba dengan Brunei Darussalam dan Timor Leste pada Agustus 2013 di Indonesia," ungkap RD, saat dihubungi wartawan, kemarin.

RD sendiri kembali menjelaskan, di sisa waktu yang akan akan terus melakukan berbagai perombakan di tubuh tim Garuda Muda. Pelatnas tahap pertama yang di isi oleh 30 pemain, diterangkannya baru setengah dari jumlah pemain yang akan menyejalani proses penyeleksian tersebut. Kemungkinan besar pun akan terjadi, jika RD akan melakukan perombakan setiap kali timnas U-23 menjalani uji coba.

"Dalam sebuah laga uji coba, hasil akhir sebuah pertandingan bukanlah menjadi tujuan utama yang ingin kami kejar. Tapi, setiap laga uji coba akan selalu kami peruntukkan untuk mengukur kerja sama dan kesolidan dari tim yang ingin kami dapatkan nantinya," jelas pelatih yang juga masih terikat kontrak dengan Arema Indonesia tersebut.

"Dalam pelatnas tahap pertama dan uji coba juga baru 30 pemain yang kami panggil. Untuk tahap-tahap selanjutnya masih ada sekitar 30 pemain lebih lainnya yang akan kami panggil secara bertahap dalam pelatnas yang rencananya akan berlangsung selama tiga tahap tersebut," lanjut RD.

Sementara itu, walau proses pelatnas masih teramat panjang dan segala kemungkinan masih bisa terjadi, tidak membuat Rasyid Bakri gentar. Gelandang PSM Makassar yang didapuk sebagai kapten dalam laga uji coba timnas U-23 kontra timnas U-23 Singapura, mengaku siap bersaing untuk terus dipercaya mantan pelatih Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Sriwijaya FC (SFC) tersebut.

"Insya Allah saya akan berusaha sekuat tenaga, agar bisa menjadi bagian di timnas SEA Games nanti. Tapi saya tahu, hal itu tidak akan berjalan dengan mudahnya. Karena seluruh pemain yang dipanggil untuk menjalani pelatnas, adalah pemain-pemain yang memiliki kualitas dan potensi bagus," jelas Rasyid.

Jadwal Empat Laga Uji Coba Timnas U-23 Indonesia ;

15 Juli ; Timnas U-23 Singapura

19 Juni ; Raja Nainggolan All Star

Agustus ; Brunei Darussalam

Agustua ; Timor Leste
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3396 seconds (0.1#10.140)
pixels