Duel Gelora Bangkalan kembalikan gengsi

Rabu, 12 Juni 2013 - 13:53 WIB
Duel  Gelora Bangkalan kembalikan gengsi
Duel Gelora Bangkalan kembalikan gengsi
A A A
Sindonews.com —Persepam Madura United dan Persija Jakarta bakal bertarung demi ambisi yang berbeda di Gelora Bangkalan, Kamis (13/6). Persepam berhasrat mempersembahkan kemenangan kepada publik Madura yang telah lama tak tersaji sejak Maret lalu.

Persepam memang memiliki rekor kurang bagus di pertandingan kandang. Sejak Mengalahkan Mitra Kukar pada awal Maret, tim racikan Daniel Roekito belum pernah menang lagi di Gelora Bangkalan dan hasil maksimal adalah imbang. Inilah yang menjadi titik konsentrasi tuan rumah di laga kontra Persija.

Sedangkan Persija menyimpan ambisi melampiaskan kekecewaan setelah dikalahkan Persipura Jayapura dengan skor 2-3 di match day sebelumnya. Selain itu, tim pujaan Jakmania masih tertantang mengembalikan gengsi sebagai tim ibukota yang sempat terpuruk di awal musim.

Kali ini tuan rumah Persepam memiliki syarat untuk mengembalikan harga diri tim di depan supporternya. Kondisi mental Zaenal Arif dkk sedang dalam grafik yang bagus setelah sebelumnya mengalahkan Pelita Bandung Raya 0-1. Paling tidak ada keyakinan mereka bisa mendapatkan tiga angka.

“Keyakinan itu yang kami butuhkan. Saya tidak henti mengingatkan kepada anak-anak bahwa Persija sekarang bukan tim yang kami kalahkan di putaran pertama lalu. Saya berharap ada peningkatan lebih baik lagi secara menyeluruh dibanding pertandingan sebelumnya,” cetus Daniel Roekito, juru taktik Persepam.

Dirinya tak membantah Macan Kemayoran, julukan Persija, jauh lebih baik ketika ditangani Benny Dolo. Apalagi dengan penambahan sejumlah pemain di putaran dua seperti M Ilham, Ahmad Farizi, Rohit Chand, serta pemain Hongkong Lam Hok Hei, yang mulai nyetel dengan tim.

Salah satu aspek yang menarik perhatian Daniel adalah nyali Persija yang mulai tumbuh dengan berani tampil menyerang. Sejak putaran dua, Persija terlihat lebih percaya diri dalam menyerang. Ini yang coba diantisipasi walau Persepam sendiri bertekad bakal tampil ofensif.

“Serangan sayap Persija harus dicermati. Mereka kerap melepas umpan diagonal, crossing atau terobosan untuk pemain depan. Kalau bicara kekuatan, untuk sekarang kekuatan mereka setara dengan Persepam. Jadi siapa yang lebih fokus di lapangan akan bisa menganmbil keuntungan,” tambahnya.

Disiplin pertahanan yang diterapkan di kandang PBR lalu cukup apik dan Daniel ingin clean sheet dipertahankan. Centre back anyar Aboubakar Sillah menunjukkan progres menggembirakan di jantung pertahanan. Pemain ini bakal dipersiapkan membendung striker Persija Rahmad Affandi.

Sedangkan kubu Persija masih mencari jawaban untuk posisi yang ditinggalkan bek bongsor Fabieno Beltrame. Mantan penggawa Persela Lamongan harus absen karena skorsing kartu dan ini menjadi masalah terbesar bagi Benny Dolo. Selain itu, tidak ada persoalan menyangkut stok pemain.

Walau agak berkurang kekuatan di pertahanan, Macan kemayoran tak mereduksi target menaklukkan Gelora Bangkalan. Benny Dolo, mantan pelatih Arema Malang dan Persita Tangerang, masih optimistis timnya memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mendapatkan tiga angka.

“Target tetap poin penuh. Saya tidak mau tanggung-tanggung, apalagi kekuatan Persepam hampir sama dengan Persija. Absennya Fabiano bisa saya siasati dengan pemain lain dan tidak ada masalah. Persepam bukan lawan mudah dan bermain di kandang, jadi kami harus main tenang,” ujar Benny Dolo, pelatih yang menggeser Iwan Setiawan.

Membedah kekuatran Persepam, Benny Dolo terfokus pada sosok Zaenal Arif dan Ali Khadaffi. Dua pemain ini menjadi kunci permainan Persepam di lini tengah dan depan. “Keduanya punya skill bagus. Saya tak menginstruksikan marking khusus untuk keduanya, namun harus tetap diwaspadai,” tandasnya.

Persepam Madura (4-3-3):
Alfonsius Kelvan (gk), Michael Orah, Aboubakar Sillah, Fachrudin Wahyudi, Denny Rumba; Busari, Ali Khadaffi, Aditra Putra, Alain N'Kong; Zaenal Arif, Emmanuel Linkers.

Persija Jakarta (4-4-1-1):
Galih Sudaryono (gk), Ahmad Farizi, Ngurah Wahyu, Syahrizal; Ismed Sodyan; Anindito Wahyu, Amarzukih, Rohit Chand; Rahmad Affandi; Emmanuel Kenmogne.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7273 seconds (0.1#10.140)