Sir Richards : Timnas Indonesia akan jadi hebat

Minggu, 16 Juni 2013 - 20:16 WIB
Sir Richards : Timnas Indonesia akan jadi hebat
Sir Richards : Timnas Indonesia akan jadi hebat
A A A
Sindonews.com - Dunia persepakbolaan nasional kedatangan tamu penting. Tamu kali ini adalah Sir Dave Richards, eks chairman English Premier League (EPL). Kedatangan Sir Richards, demikian panggilannya, mendapat sambutan antusias dari para CEO klub-klub LPIS yang hadir mengikuti pemaparan pria berusia 70 tahun ini.

Pria kelahiran Walkey, Sheffield ini adalah anggota Football Association (FA) Board serta President of the European Professional Football Leagues Organisation. Selain di Inggris, pria yang juga bos berbagai perusahaan telekomunikasi, pengolahan limbah, dan konstruksi ini juga punya jabatan di lingkup internasional. Saat ini dia juga menjadi chairman of UEFA Professional Football Committee.

Kepada premierleague, pemilik Sheffield Wednesday FC, ia juga membagi pengalamannya bagiamana mengelola klub kepada premierleague.com . “Sukses yang dijalani oleh EPL memang tak instan, butuh waktu panjang,” ujarnya di Hotel Santika, Jakarta, Minggu (16/6). Berikut ini hasil rangkuman tanya jawab para peserta dengan Sir Richards.

Bagaimana EPL bisa berjalan dan sukses hingga seperti ini?

Memang tidak mudah dan butuh waktu. Klub-klub ini di Indonesia bisa seperti mereka tapi memang butuh waktu yang tidak instan. EPL bisa eksis dan sukses seperti sekarang butuh waktu 22 tahun. Kami bermula dari dana 40 juta poundsterling dan kini bisa membengkak menjadi berkali-kali lipat.

Kalau di Indonesia bagaimana menurut pengamatan Anda?

Klub-klub harus bersatu karena liga ini adalah milik klub bukan federasi. Federasi hanyalah organisator saja. Merekalah (klub-klub) yang bisa menggerakkannya sehingga memiliki aspek finansial yang bagus. Saya sendiri paham dengan kondisi di sini. Namun kita semua harus tetap dalam koridor FIFA dan AFC.

Persoalan sepakbola di Indonesia bukan hanya regulasi, tapi juga suka atau tidak suka

Ya, saya tahu itu. Memang di sini ada dualisme. Ada yang merasa disingkirkan, ada yang tetap dipertahankan. Oleh karena itu, klub-klub harus bersatu karena federasi tak bisa menghentikan kemauan apabila klub semuanya bersatu.

Yang dibutuhkan sekarang adalah solusi nyata agar segera terealisasi

Ya, kami hadir tidak hanya membawa harapan baru. Kami sudah punya pengalaman menangani kompetisi di Afrika Selatan, Nigeria, Thailand, Ghana, dan negara-negara lainnya. Kalau Anda tak yakin, kami tidak tidak akan datang ke sini. Dan saya yakin Indonesia bisa menjadi negara terbaik di Asia Tenggara. Kami akan membantu sepakbola Indonesia
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0826 seconds (0.1#10.140)