Menimba ilmu dari Radja Nainggolan

Rabu, 19 Juni 2013 - 07:33 WIB
Menimba ilmu dari Radja Nainggolan
Menimba ilmu dari Radja Nainggolan
A A A
Sindonews.com - Radja Nainggolan berjanji beri pengalaman terbaik saat menjalani laga eksebisi kontra tim nasional (timnas) U-23. Gaya olah bola Benua Eropa yang selama ini dilakoni Radja bersama Cagliari, diharapkan mampu memberi inspirasi tim Garuda Muda.

Berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sore nanti, Radja sendiri akan tergabung dalam tim Jakarta All Stars. Dimana tim tersebut, juga akan di isi mantan pemain-pemain top Tanah Air seperti Rochy Putiray, Kurniawan Dwi Yulianto, Nur’alim, dan pemain timnas Singapura, Baihaki bin Kaizan.

Selain pemain-pelain lawas, Radja yang bermain di bawah komando pelatih kawakan Indonesia Danurwindo, juga akan satu tim dengan pemain-pemain muda Indonesia seperti mantan punggawa timnas U-23 Gunawan Dwi Cahyo dan kapten timnas U-19 Indonesia, Gavin Kwan.

Radja memiliki kedekatan sangat erat dengan Indonesia terutama suku Batak, bertekat tidak akan main-main saat menjajal perlawanan tim Garuda Muda. Anak dari pasangan Marianus Nainggolan dan Lizi Bogaerd warga negara Belgia, mengaku penasaran merasakan langsung atmosfer sepak bola Indonesia.

“Tentu saja saya ingin sekali memberikan pengalaman-pengalaman yang saat ini saya dapatkan dalam karir sepak bola saya. Semoga saja, setidaknya saya bisa memberikan pengaruh positif bagi pemain-pemain muda di Indonesia. Saya juga menunggu atmosfer sepak bola Indonesia,” ungkap Radja.

Radja yang selalu memakai nama Nainggolan di jersey klub yang selama ini dibelanya, juga sempat menggelar coaching clinic bersama sekitar 100 anak Indonesia di SUGBK, Senin (17/6). Dalam sesi tersebut, terlihat jelas jika Radja tidak hanya ingin asal datang ke Indonesia. Dirinya terlihat sangat bersemangat memberikan instruksi kepada anak-anak Indonesia.

“Sebagai pemain sepak bola, kita dituntut untuk terus bisa berkonsentrasi dalam 90 menit pertandingan. Jadi saat mengoper bola, menedang bola, dan menjaga pergerakan lawan kita harus bisa fokus berkonsentrasi,”papar Radja, yang mulai mendapat banyak tawaran dari klub-klub papan atas Serie A, Italia, AS Roma dan Inter Milan tersebut.

Sementara itu, tim Garuda Muda juga tidak mau melewatkan kesempatan bermain dengan Radja. Melihat suksesnya Radja yang baru menginjak usia 25 tahun di kompetisi Eropa, tentu akan jadi motivasi tersendiri bagi para pemain timnas U-23 yang tengah bersiap diajang SEA Games XXVII/ 2013 Myanmar, Desember mendatang.

“Tentu saja saya sangat senang bisa menjadi salah satu pemain yang berkesempatan bermain dengan Radja. Dia adalah contoh yang harus diteladani pemain-pemain muda Indonesia. Apalagi dengan melihat usianya yang juga masih muda,” ungkap kapten tim Garuda Muda, Rasyid Bakri.

Tidak hanya ditingkat pemain, tim kepelatihan timnas U-23 juga melihat begitu pentingnya laga tersebut. Sampai-sampai asisten pelatih timnas U-23, Aji Santoso, menyatakan, laga eksebisi kontra Radja dkk juga masuk dalam proses seleksi tahap kedua yang sedang dijalani tim Garuda Muda.

Laga pertandingan kali ini, timnas U-23 menyiapkan 18 pemain. Dimana pemain-pemain yang akan disiapkan, gabungan pemain yang masuk dalam pelatihan nasional (pelatnas) tahap pertama dan tahap kedua. Dimana salah satu pemain yang disertakan, masuk nama penyerang Persebaya Surabaya versi Indonesia Premier League (IPL), Andik Vermansyah.

“Pertandingan eksebisi tersebut juga bagian dari proses penyaringan pemain jelang SEA Games mendatang. Jadi dalam pertandingan nanti, kami sebagai tim pelatih sangat berharap anak-anak bisa tampil semaksimal mungkin. Karena setelah laga tersebut, kami juga akan melakukan evaluasi,” jelas Aji.

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas U-23 Indonesia (4-4-2):
M. Natsir; Seftia Hadi, Fandi Imbri, Yerico Christiantoko, Bayu Pradana; Rasyid Bakri, Irsyad Maulana, Joko Sasongko, Andik Vermansyah; Yandi Sofyan, Agung Supriyanto

Pelatih: Rahmad Darmawan

Jakarta All Stars (4-4-2):
Hendro Kartiko; Baihaki Kaizan, Nur’alim, Budiman, Isnan Ali; Radja Nainggolan, Syamsul Chaerudin, M. Taufiq, Javier Rocha; Rochy Putiray, Kurniawan Dwi Yulianto

Pelatih: Danurwindo
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3924 seconds (0.1#10.140)