Berlin lengkapi Formula E

Sabtu, 13 Juli 2013 - 16:10 WIB
Berlin lengkapi Formula E
Berlin lengkapi Formula E
A A A
Sindonews.com - Ibukota Jerman, Berlin resmi menjadi kota kesepuluh yang akan menggelar ajang balapan Formula Electric, FIA Formula E Championship yang memulai debut tahun 2014 nanti.

Sirkuit Berlin akan dibangun di bagian Apron eks Tempelhof Airport yang tak lagi difungsikan sebagai Bandar udara komersial. Sirkuit itu berbentuk sirkuit jalanan. Formula E musim perdana memang akan melakoni seluruh balapannya di sirkuit jalanan.

“Kami senang berada di Berlin dan sangat berterima kasih pada Senator dan otoritas Berlin yang menyambut baik kejuaraan di kota mereka," ungkap Alejandro Agag, bos Formula E seperti dikutip MCN.

Formula E belum menentukan urutan tuan rumah penyelenggara satu musim balapan. Berlin, bersama London (Inggris) dan Roma (Italia) menjadi tuan rumah di Eropa. Kota-kota lainnya adalah Bangkok (Thailand), Beijing (Tiongkok), Buenos Aires (Argentina), Los Angeles dan Miami (Amerika Serikat), Putrajaya (Malaysia), dan Rio de Janeiro (Brasil).

"Dengan lebih dari 1.200 mobil bertenaga listrik dan lebih dari 220 titik pengisian tenaga listrik untuk publik. Berlin memimpin di Eropa untuk hal inovasi dan mobilitas yang berkesinambungan, karena itulah kami memilih Berlin sebagai tuan rumah," tambah Agag.

Hingga saat ini, baru ada tiga tim yang sudah resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Formula E. Namun, Agag mengakui adanya permintaan yang besar dari berbagai tim di seluruh dunia untuk berpartisipasi di ajang yang seluruh mobilnya bertenaga listrik tersebut.

Kemajuan demi kemajuan diperoleh Formula E dalam beberapa bulan terakhir. Mereka sudah mendapatkan sokongan resmi dari McLaren sebagai pemasok mesin dan produsen ban asal Prancis Michelin berperan sebagai pemasok ban tunggal. Selain itu, Dallara menjadi pemasok sasis seluruh mobil.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6974 seconds (0.1#10.140)