Timnas minim dukungan, Sergio tak masalah

Jum'at, 26 Juli 2013 - 14:14 WIB
Timnas minim dukungan, Sergio tak masalah
Timnas minim dukungan, Sergio tak masalah
A A A
Sindonews.com - Bomber andalan Persib Bandung, Sergio van Dijk tak mempermasalahkan minimnya dukungan supporter Indonesia saat menjamu tim-tim elit Eropa. Seperti diketahui dalam dua bulan terakhir, pesepakbolaan nasional memang kebanjiran tamu dari Benua Biru. Dimulai dengan kunjungan tim nasional Belanda ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 7 Juni lalu.

Pada pertandingan persahabatan tersebut, meski timnas Indonesia kalah 0-3, penampilan Sergio dkk mendapat banyak pujian. Kiprah para pemain terbaik Indonesia ini berlanjut meski tak lagi menggunakan nama Timnas. Pada Minggu (14/7), masih di SUGBK, Sergio dkk yang tergabung dalam Indonesia Dream Team kalah telak tujuh gol tanpa balas dari Arsenal.

Berselang satu pekan kemudian, Sabtu (20/7), mereka menggunakan nama Indonesia XI untuk menjamu Liverpool. Sukses mengambil pelajaran dari laga sebelumnya, Indonesia mampu memberi perlawanan meski akhirnya tetap menyerah 0-2. Selanjutnya, Kamis (25/7) kemarin kombinasi antara pemain muda dan senior Timnas Indonesia berjibaku meladeni permainan cepat Chelsea. Nasibnya sama, menyerah 1-8 dari The Blues.

Selain kekalahan-kekalahan telak, terdapat ironi lain yang muncul dari deretan pertandingan prestisius tersebut. Kecuali laga kontra Timnas Belanda, puluhan ribu supporter yang memadati SUGBK lebih banyak menggunakan atribut tim tamu ketimbang skuad Garuda. Menjamu Arsenal, Liverpool, dan Chelsea, penonton yang menggunakan baju kebesaran Timnas Indonesia tampaknya tidak lebih dari 10 persen.

Meski sempat merasa heran, Sergio berusaha berpikir positif. “Kesempatan untuk melihat klub-klub Eropa mungkin tidak banyak di Indonesia. Itu sebabnya mereka lebih banyak menggunakan jersey tim tamu dari pada jersey timnas,” ujar mantan ujung tombak Adelaide United ini di Montana Hotel, Kalimantan Selatan, Jumat (26/7/13).

Dia pun mengaku tak mau ambil pusing dengan kondisi saat itu. “Bahkan beberapa kali Timnas justru disoraki, ya bagi saya tidak jadi masalah,” ucapnya tersenyum.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)