Tangkal kecepatan Persisam

Sabtu, 27 Juli 2013 - 22:25 WIB
Tangkal kecepatan Persisam
Tangkal kecepatan Persisam
A A A
Sindonews.com -- Menantang tuan rumah Persisam Samarinda di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (28/7), Persegres Gresik United menggarisbawahi potensi ancaman dari sisi kecepatan. Ya, Persisam memiliki sejumlah pemain yang mumpuni memperagakan serangan cepat yang merepotkan tamunya.

Kecepatan menjadi andalan utama Persisam kala menundukkan Persela Lamongan dan Persepam Madura United di laga kandang sebelumnya. Jadi sangat logis jika strategi itu bakal kembali diterapkan dengan lengkapnya formasi pemain berkecepatan tinggi.

Pesut Mahakam, julukan Persisam, memiliki Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, Muhammad Ridhuan, serta Osas Saha yang menjadi pelari-pelari cepat nan membahayakan. Kubu Persegres memprediksi tuan rumah bakal mengoptimalkan kecepatan dan permainan taktis untuk melemahkan lawan.

"Kami harus siap menangkal kecepatan pemain menyerang Persisam. Saya sudah antisipasi kemungkinan itu dan Persegres punya bek dengan kecepatan tinggi pula seperti Erol Iba dan Diogo Santos. Selama kami bisa disiplin membatasi ruang gerak, mereka tak akan bebas memanfaatkan kecepatan," terang Pelatih Persegres Widodo C Putro.

Widodo juga menginstruksikan pentingnya bermain tenang dan tidak panik menghadapi tekanan yang dilakukan tuan rumah. Sebab kemungkinan terbesar yang dihadapi Laskar Joko Samudro adalah sibuk menahan serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Pesut Mahakam.

"Kami pasti bakal sibuk, karena Persisam tentunya akan mengambil inisiatif menguasai pertandingan. Di sinilah ketenangan dan konsentrasi menjadi penentu. Tapi saya optimistis pemain telah berpengalaman dengan situasi semacam itu dan bisa bermain maksimal," tambahnya.

Walau tak menjelaskan secara detil strategi yang bakal diusung, kelihatannya Widodo bakal konsentrasi kekuatan di lapangan tengah. Paling mungkin lima pemain ditumpuk demi menyaring agresifitas tuan rumah sekaligus memberikan dukungan untuk striker tunggal di depan.

Apalagi pemain tengah macam Sultan Samma, Siswanto, Agus Indra, serta Shohei Matsunaga menunjukkan perkembangan menggembirakan di beberapa pekan terakhir. Pola 4-5-1 yang merupakan transformasi dari 4-2-3-1 diprediksi menjadi formasi pilihan pelatih asal Cilacap tersebut.

Dari kubu tuan rumah, Pelatih Sartono Anwar tampaknya tak terkendala memainkan tiga legiun yang baru menuntaskan tugas di tim nasional (timnas). Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, serta M Roby kembali ke Samarinda dengan kondisi bugar dan bisa langsung diturunkan lawan Persegres.

Kapten M Roby sendiri kepada media menyatakan siap bertanding dengan kemampuan terbaik walau disibukkan agenda timnas menghadapi tiga klub Eropa. "Saya sangat fit dan siap bertanding menghadapi Persegres. Pemain lain (Bayu dan Ferdinand) juga dalam kondisi bagus," kata M Roby setiba di Samarinda.

Persisam yang sebelumnya kalah dalam tur Jawa Barat kontra Persita Tangerang dan Persib Bandung membutuhkan angka mutlak untuk mengamankan posisi delapan besar klasemen. Tak heran jika target menang tetap digelorakan walau menghadapi dua tim tangguh Persegres dan Arema Cronous.

Osas Saha menjadi sosok paling menonjol karena produktifitasnya sejak bergabung di awal putaran dua silam. Performa menawan Bayu Gatra bersama timnas juga menjadi harapan baru bagi klub ibukota Kalimantan Timur tersebut.(Kukuh setyawan)

Persisam Samarinda (4-4-2):


Fauzi Toldo (gk), A Sumardi, M Roby, Tsimi Joel, Wildansyah; D Irawan, Lovenian Ebrahim, Bayu Gatra, M Ridhuan; F Sinaga, Osas Saha.

Persegres Gresik (4-5-1):

Heri Prasetya (gk), Diogo Santos, Sasa Zecevic, Ambrizal, Erol Iba; Kacung Munif, Agus Indra, Siswanto, Sultan Samma, Shohei Matsunaga; Ngon Mamoun.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7869 seconds (0.1#10.140)