Pengamanan diperketat, stadion dibenahi

Senin, 29 Juli 2013 - 12:35 WIB
Pengamanan diperketat, stadion dibenahi
Pengamanan diperketat, stadion dibenahi
A A A
Sindonews.com - Panitia Pelaksana (Panpel) Stadion Manahan bakal memperketat pengamanan saart laga uji coba Timnas Indonesia versus Filipina yang digelar pada 14 Agustus mendatang. Pengelola stadion berkapasitas 24.000 orang ini juga mulai berbenah untuk menyongsong laga tersebut.

Ketua Panpel Paulus Haryanto menegaskan, pengamanan bakal diperketat khususnya yang menyangkut ketertiban suporter sepanjang pertandingan. Panpel bakal menggelar sweeping setiap penonton di pintu masuk stadion. "Pengamanan ekstra bakal diberlakukan. Jangan sampai ada kembang api (flare) yang menimbulkan asap pekat, petasan, minuman keras dan lainnya," katanya, Minggu (28/7/2013).

Pengamanan yang dilakukan ini selaras dengan aturan dari FIFA maupun AFC, di mana di dalam stadion tidak diperkenankan ada kembang api yang berasap pekat yang berpotensi mengganggu jalannya pertandingan. "Kita sweeping, begitu ada penonton yang membawa barang-barang seperti itu langsung kita sita," tegasnya.

Langkah tersebut sebagai antisipasi jangan sampai kejadian pada Mei lalu terulang kembali. Saat itu dalam laga uji coba Timnas U-23 melawan Singapura, asap pekat dari kembang api memenuhi stadion. Wasit dari AFC yang memimpin laga terpaksa harus menghentikan pertandingan karena gangguan asap kembang api yang dinyalakan suporter.

Sementara itu, pihak pengelola Stadion Manahan juga mulai melakukan pembenahan di sejumlah titik. Fasilitas berupa kursi-kursi yang berada di tribun barat diperbaiki. Perawatan rumput lapangan juga mulai dibersihkan. "Karena laga dilangsungkan malam hari, lampu tower juga sudah diganti. Demikian juga akses masuk ke ruang ganti sudah disiapkan," kata Kepala Pengelola Stadion Manahan Sugiyanto.

Dia berharap, penyewa stadion tetap melakukan pembayaran sewa di muka. Alasannya, panpel membutuhkan dana tambahan mengingat laga digelar malam hari yang membutuhkan biaya ekstra untuk daya listrik lampu penerangan stadion. Sesuai tarif biaya sewa, Timnas Indonesia harus tetap membayar Rp22,5 juta.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1283 seconds (0.1#10.140)