Marquez ngaku belajar motor di kelas Moto2

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 09:30 WIB
Marquez ngaku belajar motor di kelas Moto2
Marquez ngaku belajar motor di kelas Moto2
A A A
Sindonews.com - Lewat wawawancara khusus yang dilakukan oleh situs resmi MotoGP, pembalap Repsol Honda Marc Marquez berbagi pengalaman tentang memulai balapan dari kelas 125cc, Moto2, hingga MotoGP.

Sejak memulai karirnya di kelas 125cc pada tahun 2008 lalu, Marquez hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk memastikan gelar juara. Popularitas pembalap kelahiran Cervera, Spanyol semakin tak terbendung kala pindah kelas ke Moto2.

Waktu adaptasi yang dilakukan Marquez di kelas tersebut tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pembalap berusia 20 tahun tersebut hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk mengklaim trofi juara di kelas itu. Meski berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan, namun ia mengaku kesulitan beradaptasi ketika menjajal motor Moto2.

Ketika ditanya tentang perbedaan antara 250cc dengan Moto2, Marquez tidak bisa membandingkannya. Pasalnya, ia tidak pernah mencicipi balapan di kelas tersebut karena sudah lebih dulu dihapus.

"Pada dasarnya bahwa saya tak bisa membandingkan 250cc dengan Moto2, karena saya tak pernah turun di kelas 250cc. Tapi mungkin ketika saya pindah dari 125cc ke Moto2, saya menderita ketimbang pindah dari kelas Moto2 ke MotoGP," tutur Marquez, dilansir MotoGP, Jumat (2/8/2013).

"Perpindahan dari Moto2 ke MotoGP tak sebesar dari 250cc, karena saya mengendarai mesin empat-tak di Moto2 dan berat motornya mirip dengan mesin MotoGP. Dengan (perangkat) elektronik, Anda harus benar-benar beradaptasi, tapi sisanya sangatlah sama. Juga, profil bannya juga mirip. Ada beberapa hal positif, tapi beberapa juga negatif."

Lebih lanjut, Marquez mengatakan kalau dirinya sangat terbantu dengan pengalaman dua tahun di kelas Moto2. "Di Moto2, saya belajar banyak hal. Di 125cc berbeda karena Anda bisa all-out dari start sampai finis. Tapi di Moto2, Anda perlu mempelajari ban, dan beradaptasi. Kami belajar banyak hal dan semua pengalaman itu sangat membantu saya tampil di MotoGP," tutupnya.
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5011 seconds (0.1#10.140)