Demi negara, penggawa timnas HWC lebaran di Polandia

Kamis, 08 Agustus 2013 - 18:27 WIB
Demi negara, penggawa timnas HWC lebaran di Polandia
Demi negara, penggawa timnas HWC lebaran di Polandia
A A A
Sindonews.com - Para anggota timnas Indonesia untuk ajang Homeless World Cup (HWC) 2013 rela tidak merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman masing-masing. Demi negara, mereka rela melakukan itu karena harus bertarung pada ajang HWC di Polandia.

Saat ini, mereka sudah ada di Bandara Soekarno-Hatta untuk persiapan berangkat menuju Polandia. Malam takbiran pun akan mereka lewatkan di bandara dan di atas pesawat. Rencananya, tim akan bertolak ke Polandia dini hari besok.

Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Darmasja Djumala, akan menyambut mereka di sana. Bahkan Darmasja akan merayakan Lebaran bersama para anggota timnas HWC di Kantor Kedutaan Besar Indonesia untuk Polandia di Warsawa.

"Kami mendapat undangan dari Duta Besar Indonesia untuk silaturahmi dan sama-sama merayakan Lebaran di sana sebelum berangkat ke Poznan," ujar Manajer Timnas HWC, Kheista Leonie, dalam siaran persnya, Rabu (7/8/2013).

Setelah bermalam di Warsawa, para pemain akan berangkat ke Poznan untuk mengikuti pembukaan HWC. Dalam acara itu, para pemain timnas Indonesia akan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah. "Ini untuk mengenalkan masyarakat Indonesia pada dunia internasional," ungkap Khisis, sapaan akrab Kheista.

Di sana, mereka juga akan merayakan peringatan Hari Kemrdekaan RI ke-68 dengan acara sederhana. "Kita akan memberikan hadiah buat peserta yang mengikuti lomba," ujarnya.

HWC merupakan turnamen sepakbola tahunan. Mereka yang jadi peserta berasal dari kalangan pecandu narkoba, orang dengan HIV/AIDS, hingga warga miskin kota. Timnas Indonesia terdiri dari delapan orang yang lolos seleksi dalam beberapa bulan.

Dalam dua pelaksanaan HWC, prestasi tinnas Indonesia cukup membanggakan. Pada 2011, timnas meraih peringkat enam. Sedangkan tahun lalu lebih dahsyat lagi yaitu peringkat empat.

Pelaksanaan HWC 2013 digelar di Polandia pada 9-19 Agustus. Keberangkatan timnas kali ini jauh lebih mudah dibanding dua pelaksanaan sebelumnya.

Dalan dua pelaksanaan HWC, Runah Cemara sebagai national organizer HWC di Indonesia harus bersusah payah mengumpulkan dana untuk berangkat. Tapi tahun ini dukungan sponsor membuat keberangkatan mereka lebih mudah.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5567 seconds (0.1#10.140)