Tak bisa lebaran di Tanah Air, perasaan anggota timnas HWC campur aduk

Kamis, 08 Agustus 2013 - 23:29 WIB
Tak bisa lebaran di Tanah Air, perasaan anggota timnas HWC campur aduk
Tak bisa lebaran di Tanah Air, perasaan anggota timnas HWC campur aduk
A A A
Sindonews.com - Para pemain timnas Indonesia untuk ajang Homeless World Cup (HWC) 2013 tidak bisa merayakan Lebaran bersama keluarganya di Indonesia. Hal itu jelas membuat mereka sedih. Tapi ada rasa bangga di hati mereka karena mereka tidak bisa merayakan Lebaran di Indonesia untuk membela negara.

"Perasaan saya campur aduk. Ada sedih, tapi di sisi lain senang sekaligus bangga," kata salah seorang anggota timnas HWC, Ujang Yakub (26).

Selama hidupnya, Yakub baru kali ini merayakan Lebaran jauh dari keluarga dan kampung halamannya. Tapi tekad untuk berjuang demi negara membuatnya ikhlas jauh dari keluarga saat Lebaran.

Untuk sedikit mengobati kesedihannya karena tidak bisa merayakan Lebaran bersama keluarga, Yakub punya cara sendiri. Ia menyempatkan diri menelepon keluarganya sebelum berangkat. "Saya minta maaf sama mereka dan juga mengucapkan selamat Idul Fitri," ungkap anak pertama pasangan Ade Suherman dan Oom Romlah itu.

Selain Yakub, ada tujuh pemain yang bernasib sama, termasuk pelatih dan manajer tim. Mereka harus melewatkan malam takbiran di bandara dan di dalam pesawat. Saat ini mereka sudah ada di Bandara Soekarno-Hatta dan dijadwalkan berangkat ke Polandia besok dini hari.

I Wayan Arya Renawa (34), juga ikut merasakan suasana Lebaran meski ia beragama Hindu. Ia mengaku bahagia bisa jadi salah satu orang yang beruntung bisa membela timnas. "Saya bahagia dan senang seperti kawan-kawan yang lain," ungkapnya.

Selama bergabung dengan timnas, Agus, sapan akrabnya, menerapkan toleransi tinggi. Dalam dua bulan terakhir, Agus dan pemain lain digembleng bersama demi mempersiapkan diri bertarung dalam HWC.

Bahkan saat Ramadan, tim tetap berlatih keras. Meski begitu, para pemain yang beragama Islam tetap menjalankan ibadah puasa. Agus bahkan sempat melakukan hal sama untuk menghormati teman-temannya. "Sempat ikut puasa juga," ucapnya.

Para pemain timnas HWC rencananya dini hari besok akan bertolak ke Polandia. Mereka akan merayakan Lebaran di Kantor Kedutaan Besar Indonesia untuk Polandia di Warsawa. Mereka akan bermalam di sana sebelum mengikuti acara pembukaan HWC.

Turnamen HWC sendiri akan digelar di Poznan pada 9-19 Agustus. Dalam turnamen HWC kali ini, timnas menargetkan juara satu. Sebelumnya dalam dua pelaksanan HWC timnas Indonesia menempati peringkat enam (HWC 2011 di Paris) dan peringkat empat (HWC 2012 di Meksiko).
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1456 seconds (0.1#10.140)