Jacksen analisis detail jurus Naga China

Jum'at, 30 Agustus 2013 - 22:10 WIB
Jacksen analisis detail...
Jacksen analisis detail jurus Naga China
A A A
Sindonews.com - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Jacksen F Tiago sibuk menganalisis kekuatan timnas China. Jacksen yang sempat ke China, mengaku membawa banyak informasi soal kekuatan Team Dragon, julukan timnas China.

Informasi kekuatan China itu sangat penting untuk menghidupkan kembali peluang timnas Indonesia di Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C. Apalagi Boaz Solossa dkk diwajibkan meraih hasil sempurna saat menjamu timnas China di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 15 Oktober mendatang.

Untuk menyempurnakan misi tersebut, berbagai persiapan terus dilakukan tim Garuda. Setelah menjalani laga-laga uji coba internasional kontra timnas Belanda, 7 Juni lalu, di mana timnas Indonesia dihajar tiga gol tanpa balas. Dipermak Arsenal, tujuh gol tanpa balas, (14/7), dan kembali ditundukkan klub Liga Primer Inggris, Liverpool, 0-2, (20/7).

Adapun kemenangan pertama timnas Indonesia di bawah kendali Jacksen, saat menundukan timnas Filipina di Stadion Manahan, Solo, 14 Agustus lalu. Saat itu, gol Greg Nwokolo dan M. Roby, membuat timnas Indonesia berhasil mengakhiri partai persahabatan tersebut dengan kemenangan dua gol tanpa balas.

Jacksen pun tidak puas hanya dengan membangun tim dari berbagai laga uji coba. Dirinya pun berinisiatif langsung memantau kekuatan timnas China. Di negara yang dikenal dengan Tembok Besar-nya tersebut, pelatih berpaspor Brasil tersebut sempat menyaksikan salah satu klub asal China. Di klub tersebut menurut Jacksen, banyak di isi pemain-pemain Team Dragon.

"Saya sempat menyaksikan pertandingan Guangzhou Evergrand di Liga Champions Asia. Kenapa klub itu yang saya saksikan pertandingannya, karena mayoritas pemain timnas China, bermain di klub tersebut," ungkap Jacksen.

"Selama di China, hasilnya sangat bagus. Karena semua informasi soal timnas China sudah saya terima dengan baik. Semoga saja, akan sangat membantu dalam mempersiapkan pertandingan penting nantinya," sambung pelatih yang mengantar Persipura Jayapura sebagai jawara kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013 tersebut.

Jacksen pun menyatakan, seperti apa kekuatan negara yang mewakili Asia di Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang tersebut sedang dipelajarinya. Hasil dari analisis yang sedang dilakukan Jacksen beserta tim kepelatihan timnas Indonesia, akan jadi referensi untuk meladeni timnas China.

"Kalau soal bagaimana kekuatan timnas China, kami sedang membuat sebuah analisis sedetail mungkin dan diteliti dengan baik. Maka dari itu, untuk saat ini saya belum bisa berkesimpulan apa pun tentang kekuatan mereka sementara ini," jelas Jacksen.

"Kami butuh paling sedikit kira-kira beberapa hari sampai seminggu untuk benar-benar menganalisis bagaimana mengantisipasi permainan timnas China. Saat ini kami tim pelatih juga terus berdiskusi, membagi pandangan dari masing-masing pelatih soal apa yang saya bawa dari China," sambung pelatih yang sempat menjadi pemain dan pelatih di Persebaya Surabaya tersebut.

Sebelum berhadapan dengan timnas China, Jacksen dan anak-anak asuhnya di tim Garuda kembali dijadwakan untuk menggelar laga uji coba. Sejauh ini, baru ada kabar uji coba dengan timnas Hong Kong dan tim daerah selection. Namun untuk laga uji coba kontra timnas Hong Kong, masih belum bisa didapat kepastiannya. Sejauh ini, PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN), dikabarkan masih melakukan penjajakan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)