Saatnya, aplikasikan pengalaman di Eropa

Jum'at, 30 Agustus 2013 - 23:04 WIB
Saatnya, aplikasikan pengalaman di Eropa
Saatnya, aplikasikan pengalaman di Eropa
A A A
Sindonews.com - Pro Duta FC tetap optimistis melakoni laga perdana putaran II Indonesian Premier League (IPL) 2013 kendati tidak diperkuat beberapa pemain inti. Pengalaman bertanding dengan klub-klub eropa dirasakan telah membuat pola permainan mereka jadi semakin baik.

Gelandang serang Pro Duta Rahmad Hidayat mengatakan, pengalaman dari tur Pro Duta bertajuk Dare To Dream 2013 menghasilkan banyak pembelajaran. Berbagai permainan dari klub-klub Jerman, Belanda dan Italia memberi kontribusi bagi Laskar Kuda Pegasus.

"Ada banyak hal teknis yang bisa kami pelajari dari mereka. Klub-klub Jerman, Belanda, dan Italia punya gaya permainan yang berbeda. Saya jadi tahu keunikan masing-masing tim itu. Mereka kuat karena punya karakter permainan yang khas," katanya.

Perbedaan karakter sepak bola di negara tersebut menurutnya, jika dipadukan akan membuat tim punya permainan yang baik, dan Pro Duta berusaha mengadopsi ketiganya. Dia merincikan, Jerman punya sepak bola yang menekankan pada kekuatan pertahanan dan kebugaran
fisikal.

Belanda yang mengusung kolektivitas tingkat tinggi, perpaduan kemampuan teknik individual dan kerja sama tim yang baik. Sedangkan, Italia dengan filosofi catenacsio, sistem pertahanan gerendel yang membuat tim lawan sulit mengembangkan serangan.

"Itulah pembelajaran yang kami dapat dari mereka. Saya bangga ada di Pro Duta karena bisa mengetahui lebih dekat tipe permainan tiap-tiap liga di dunia. Selain karakter itu, yang saya lihat, mereka bermain sangat tenang. Pokoknya, mantaplah," tandasnya.

Sementara itu, gelandang muda Pro Duta, Agus Pranoto mengakui, kualitas permainan yang dimiliki pemain dan klub-klub Eropa tidak akan didapat jika tidak dengan lapangan yang bagus.

"Lapangan khususnya. Lapangan latihan mereka kualitasnya bagus. Itu yang membuat kualitas mereka dengan kita Indonesia jauh. Kalau di Eropa, dari segi permainan, kualitas passing, kontrol bola, visi bermain sangat bagus karena memang dari segi pembinaan, di Eropa juga bagus. Hal itu tentunya karena fasilitas di Eropa yang lengkap,"bebernya.

Menurutnya, banyak pengalaman dan pelajaran berharga yg dia pribadi dapati pada tur Eropa dan dia optimistis, pengalaman itu bisa diaplikasikan di pertandingan yang sebenarnya.

"Semoga saya bisa mencoba pengalaman di Eropa itu di liga Indonesia. Apalagi kalau dari segi performa, kami rasa meningkat. Kami bisa bermain bagus melawan tim-tim Eropa walaupun hasil akhirnya kalah, tapi kami semua bekerja keras, supaya permainan bisa bagus," bebernya.

Optimisme mengecap kompetisi tertinggi musim mendatang yang diusung Pro Duta sejak awal musim semakin meninggi. "Kalau menurut saya, Pro Duta bisa lolos ke ISL, apalagi dengan penambahan pemain seperti bang Donny Siregar," pungkasnya
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0256 seconds (0.1#10.140)