3 tim didiskualifikasi, Persiba meradang

Rabu, 04 September 2013 - 14:02 WIB
3 tim didiskualifikasi, Persiba meradang
3 tim didiskualifikasi, Persiba meradang
A A A
Sindonews.com - Persiba Bantul lolos dari diskulifikasi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Namun, perjuangan Persiba Bantul melenggang ke ISL musim depan tetap berat.

Ini tidak lepas dari diskualifikasi yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kepada tiga konstestan masing-masing Persibo Bojonegoro, Jakarta Fc dan Persema Malang. Diskualifikasi kepada tiga tim IPL ini berpotensi membuat koleksi poin Laskar Sultan Agung di tabel klasemen berkurang sembilan poin.

Pada putaran pertama lalu, tim kebanggaan publik Bantul ini sukses mengalahkan tiga tim yang dieliminasi dari kompetisi yang dioperatori PT LPIS tersebut. Persiba dengan perkasa mengalahkan Jakarta FC 3-0, Persema (5-0) dan menang WO atas Persibo. Sembilan poin yang didapat tersebut akan dihilangkan.

Sekretaris Persiba Bantul Wikan Werdo Kisworo mengakui, tiga tim yang didiskulifikasi itu berimbas kurang baik bagi Persiba. Sesuai regulasi, tim yang didiskualifikasi langsung dihapus dari daftar sekaligus poin-poin yang diraih oleh tim lain saat melawan tim yang terdiskualifikasi dengan sendirinya akan dihilang. "Itu membuat Persiba ketar-ketir (kawatir) dikurangi 9 poin," katanya, Rabu (4/9/2013).

Jika pengurangan 9 poin itu direalisasikan, Persiba praktis langsung melorot ke papan tengah. Saat ini, raihan tim yang berkandang di Stadion Sultan Agung sebanyak 28 poin atau bertengger di posisi 3 klasemen. Setelah dikurangi 9 poin, berarti tinggal 19 poin atau
langsung nyungsep ke posisi 10 klasemen.

Wikan mengakui, perjuangan Persiba untuk melenggang ke ISL musim depan kian berat. Selain terancam kehilangan 9 poin, Persiba juga gagal menambah poin dari ketiga tim tersebut. Di atas kertas, Persiba bisa memetik kemenangan melawan ketiganya pada putaran kedua. Namun, ketiga tim diskualifikasi, otomatis target raihan poin menjadi berkurang.

Perjuangan berat Persiba tersebut belum dihitung dengan ancaman pengurangan tiga poin akibat gagal menggelar laga melawan Persebaya pada 1 September lalu.. PT LPIS dalam laporan tertulis sudah menyatakan Persiba kalah WO dari tim Bajul Ijo. Namu, keputusan final saat ini ada di tangan PSSI. "Kalau pun mendapat sanksi, semoga tidak
berat," pinta Wikan.

Namun demikian, Persiba masih memiliki asa untuk mewujudkan keinginannya. Salah satunya dengan tetap menambah poin-poin di setiap laga, termasuk laga terdekat menjamu Pro Duta pada Minggu (8/9/2013) mendatang. "Managemen sudah memanggil pemain untuk pertandingan tersebut. Kami optimis tidak gagal lagi," tegasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6993 seconds (0.1#10.140)