Jember United berpartisipasi di JME 2013

Rabu, 04 September 2013 - 15:04 WIB
Jember United berpartisipasi di JME 2013
Jember United berpartisipasi di JME 2013
A A A
Sindonews.com - Serangkaian acara Grand Opening Jember Multi Event 2013 yang berlangsung semarak sejak 18 Agustus 2013, lalu tidak hanya didominasi kegiatan hiburan, tapi dalam Jember Multi Event (JME) ini juga disuguhkan kejuaraan-kejuaraan olahraga, salah satunya kejuaraan sepak bola antar klub amatir yang tersebar di Provinsi Jawa Timur.
Diadakannya kejuaraan sepakbola dalam JME ini berdasarkan atas arahan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur yang menginginkan kejuaraan sepakbola dalam event yang bertujuan untuk mempererat tali persahabatan, persatuan sesama anak bangsa ini.
Menurut Ketua penyelenggara kejuaraan sepakbola JME 2013, Sirajuddin, sebenarnya kejuaraan itu sudah dimulai sejak sejak 31 Agustus, kemarin, namun sebagai babak prakualifikasi, yang diikuti 4 tim saja. Empat tim prakualifikasi itu adalah Putra Ijen (Jember), Samudra Indonesia, Persewangi Muda (Banyuwangi) dan Besuki FC (Situbondo).
"Nantinya, dua tim dari prakualifikasi itu akan mengikuti babak utama yang sudah diisi oleh 6 tim amatir, salah satunya juara Divisi III liga Amtir Indonesia yakni, Jember United," ujar pria yang juga menjabat sekretaris PSSI Jember itu, Rabu (4/9)
Selain Jember United, kelima tim peserta yang sudah menanti di babak utama ialah, Persekapas Pasuruan, Persekab Probolinggo, Tim Pon Jawa Timur, PSIL Lumajang, Persebo Bondowoso.
Jadi, babak utama nanti akan diikuti oleh 8 tim yang akan digelar pada digelar 5-20 September di Stadion Notohadinegoro," tuturnya.
"Dibabak utama nanti, kita memberlakukan sistem gugur. Dan kami juga memberikan kelonggaran kepada para peserta untuk memakai 3 orang pemain profesional, termasuk memakai pemain asing," sambungnya.
Selain itu, dalam kejuaraan yang memperebutkan uang pembinaan total Rp 38 juta serta memperebutkan Piala Bupati Jember MZA Djalal ini, panitia meminta kepada masing-masing peserta, sedikitnya membawa 200 orang sebagai suporter. Paling tidak suporter ini bisa makan, minum, tidur dan berbelanja di Jember, ketika berlangsung JME.
"Kami berkeinginan para suporter nanti bisa melihat tontonan hiburan JME. Dan kami ingin mengajak tim dan suporter untuk menikmati keindahan wisata di Kabupaten Jember. Panitia bakal mengajak mereka ke Watu Ulo dan Pantai Papuma," terangnya.
Untuk pembukaan kejuaraan ini sendiri, Sirajuddin menjelaskan akan dibuka langsung oleh Bupati Jember MZA Djalal. Ia mengatakan pembukaan kejuaraan sepakbola JME ini akan menyita perhatian masyarakat luas pecinta bola, pasalnya panitia penyelenggara telah menyiapkan tontonan unik yaitu tendangan bola menggunakan paralayang.
"Begitu bola ditendang dari udara oleh atelit paralayang dan menyentuh tanah, bola tersebut bakal diteruskan ditendang oleh bupati Jember MZA Djalal," imbuhnya.
Tidak hanya itu saja, sebagai awal dimulainya pertandingan itu nantinya ada penekanan tombol sirine oleh bupati dan diikuti pelepasan lima ratus balon bertuliskan JME sepakbola, penyalaan petasan dan dilanjutkan dengan menampilkan seni budaya dari Kabupaten Bondowoso yakni, Singoulung.
"Selain itu, ratusan orang dari dari TK, SD, SMP, PTN/PTS dan klub sepakbola yang selama ini peduli pembinaan sepakbola di Jember akan melakukan run for football, yakni membawa bola berlari mengitari lapangan pertandingan dan akan unjuk keebolehan bermain bola. Hal ini sengaja kita buat agar terlihat lebih meriah lagi," pungkasnya.
Acara pembukaan kejuaraan sepakbola JME 2013 ini dimulai pukul 12.00 siang WIB, Kamis (5/9). Pada laga perdana JME 2013 akan mempertandingkan, Jember United melawan juara Divisi I 2005, Persekab Pro Probolinggo.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9825 seconds (0.1#10.140)