Surprise, Pro Duta diarsiteki pelatih Boca Junior

Rabu, 04 September 2013 - 19:57 WIB
Surprise, Pro Duta diarsiteki pelatih Boca Junior
Surprise, Pro Duta diarsiteki pelatih Boca Junior
A A A
Sindonews.com - Manajemen Pro Duta FC melakukan keputusan mengejutkan. Sempat menegaskan tidak akan mengganti trio pelatih Slamet Riyadi-Ansyari Lubis-Muhammad Halim pasca hengkangnya Roberto Bianchi. Namun, manajemen klub berjuluk Kuda Pegasus itu malah merekrut Samuel Garcia pelatih BJFSI (Boca Juniors Football Schools Indonesia) sebagai arsitek anyar.
Chief Executive Officer (CEO) Pro Duta, Wahyu Wahab Usman, kemarin mengatakan, perekrutan itu dilandasi regulasi kompetisi yang mengharuskan, pelatih klub Indonesian Premier League (IPL) paling tidak harus mengantongi lisensi A kepelatihan Asian Football Confederation (AFC).

''Pelatih klub IPL itu paling tidak harus pelatih yang punya lisensi A AFC. Garcia, dia merupakan pelatih yang mengantongi lisensi A UEFA. Itu alasan kami mendatangkannya,” kata Wahyu.

Sementara ketiga pelatih yang sebelumnya ditunjuk sebagai caretaker, hanya punya sertifikasi kepelatihan C AFC, seperti Slamet Riyadi. ''Seperti Slamet kan masih belum punya lisensi yang sesuai, dia masih C AFC. Jadi untuk mematuhi regulasi itu, kami rekrut lah Samuel,” beber Wahyu.

Apalagi, Samuel merupakan salah satu pelatih BJFSI yang notabene merupakan milih Sihar Sitorus yang juga merupakan bos Pro Duta, membuat manajemen memanfaatkan kemampuannya sebagai pelatih di dua tempat berbeda itu. ''Ya, dia merangkap lah, dinaikkan ke atas. Kami punya beberapa pelatih di BJFSI, termasuk Samuel Garcia,” ungkapnya.

Telah dua tahun membina BJFSI yang bermarkas di Jakarta, Tangerang, dan Cibubur, Garcia memiliki kontrak berdurasi lima tahun. Namun, sampai berapa lama akan melatih Pro Duta, belum diketahui pasti.

''Keuntungannya, dia sedikit-sedikit sudah bisa bahasa Indonesia. Dia juga sudah mengerti bahasa Indonesia khususnya bola,” sebut pengusaha transportasi angkutan darat itu.

Mengenai optimisme Pro Duta di tangan Samuel, Wahyu yakin, pelatih yang punya segudang pengalaman menjadi pelatih pesepakbola muda itu bisa diandalkan. ''Dia kemungkinan sudah akan melatih setelah tim pulang dari partai tandang. Yang jelas kami lihat dulu kemampuannya,” ucapnya

Sementara, Slamet yang mengaku sudah mendengar kabar rencana Pro Duta merekrut pelatih baru, mengucapkan selamat datang kepada Samuel. Dia mengaku tidak masalah dengan keputusan tersebut lantaran jadi punya kesempatan menimba ilmu dari pelatih ekspatriat.

''Ya, kemarin menimba pengalaman dari Beto (sebutan Roberto Bianchi), sekarang pelatih asing lagi, tentunya akan menambah ilmu kepelatihan kami sebagai pelatih muda,” ungkapnya.

Dia berharap, pelatih baru tersebut akan membawa Pro Duta menjadi tim yang lebih baik lagi,, bahkan lebih baik dibanding saat ditangani Roberto Bianchi. ''Ya, harapannya prestasi Pro Duta akan semakin baik. Kami siap membantu bersama-sama pelatih membuat tim ini semakin baik,” pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6804 seconds (0.1#10.140)