UCI tolak pencalonan McQuaid

Selasa, 10 September 2013 - 17:45 WIB
UCI tolak pencalonan McQuaid
UCI tolak pencalonan McQuaid
A A A
Sindonews.com - Uni Sepeda Internasional (UCI) menolak pencalonan Pat McQuaid, yang akan maju pada pemilihan presiden UCI, 27 September mendatang. Hal itu terjadi ketika ia gagal melegalitaskan pencalonannya itu lewat Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS).

McQuaid yang akan bertarung dengan Brian Cookson dari Inggris, didesak oleh lima negara yang memiliki peran penting di olahraga sepeda ini untuk melegalitaskan pencalonannya itu lewat CAS. Kelima negera tersebut yakni Kanada, Amerika Serikat, Rusia, Finlandia, dan Aljazair. Itu terjadi ketika olahraga yang telah membesarkan dan menjatuhkan nama Lance Armstrong tersebut gagal membuktikan penyelidikan lebih lanjut terhadap pengendara sepeda itu terkait penggunaan doping selama memenangi Tour de France sebanyak tujuh kali.

Pernyataan resmi UCI berbunyi: "Berdasarkan pasal 51.1 dari konstitusi UCI. Setiap negara dapat mengajukan nominasi kandidat untuk jabatan sebagai Presiden UCI," demikian pernyataan tersebut.

Tapi siapa sangka desakan dari kelima negera itu tidak didengarkan oleh McQuaid. Menurut sebuah laporan, ia tidak hadir dalam sidang CAS beberapa hari lalu. Dengan ketidakhadirannya tersebut, ini bisa mengancam karirnya sebagai presiden UCI.

"Pat McQuaid, yang merupakan anggota dari Dewan Eksekutif absen dan tidak mengambil bagian dalam diskusi atau mendengarkan keputusan CAS. Dengan demikian, dewan eksekutif mengambil keputusan untuk menolak permintaan pencalonan McQuaid sebagai presiden UCI selanjutnya," demikian pernyataan resmi UCI dilansir SkySports, Selasa (10/9/2013).

Ini bukan kali pertama, kinerja McQuaid mendapatkan kritikan. Terlebih dengan waktu pemilihan presiden UCI di akhir bulan ini, McQuaid semakin terpojok. Pasalnya, dua negera (Irlandia dan Swiss) menarik diri untuk memberikan dukungan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6928 seconds (0.1#10.140)