Pemangkasan pemain asing direspons positif

Rabu, 11 September 2013 - 19:04 WIB
Pemangkasan pemain asing direspons positif
Pemangkasan pemain asing direspons positif
A A A
Sindonews.com - Wacana pengurangan pemain asing yang diembuskan PT Liga Indonesia (Liga), mendapat dukungan. Banyak yang menilai hal itu positif, demi memberikan kesempatan lebih banyak kepada pemain-pemain lokal.

Kompetisi Indonesia Super League (ISL) di bawah Liga, sampai musim kompetisi 2012/2013 masih menetapkan kuota lima pemain asing di setiap pertandingan di masing-masing klub. Akan tetapi hal tersebut sepertinya akan direvisi. Setelah berhembusnya wacana baru soal penentapan kuota baru untuk pemain-pemain impor tersebut.

Jatah tiga pemain yang boleh diturunkan oleh masing-masing klub pada ISL musim mendatang seolah dikedepankan. Dan hal tersebut, nyatanya malah mendapatkan berbagai dukungan. Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurjaman, menilai wacana tersebut sangat positif. Terutama demi memberikan kesempatan lebih banyak kepada pemain-pemain lokal Indonesia.

"Adanya wacana mengedepankan kuota pemain asing dari lima ke tiga, saya merasa ini jadi hal yang sangat positif. Karena tentu saja, dengan adanya ketetapan tersebut membuat pemain-pemain lokal memiliki kesempatan yang lebih banyak bermain," ungkap Djanur, sapaan akrab Djadjang Nurjaman, saat dihubungi wartawan, kemarin.

Djanur yang juga mantan pemain Maung Bandung, julukan Persib, juga melihat ada banyak hal positif jika wacana tersebut benar-benar disahkan oleh Liga dan juga PSSI. Dengan kesempatan bermain yang lebih banyak dimiliki pemain-pemain lokal di Indonesia, menurutnya juga akan berimbas positif bagi perkembangan tim nasional (timnas) Indonesia sendiri.

"Dengan adanya hal tersebut, bisa bermunculan pemain-pemain lokal yang bagus. Pemain-pemain lokal yang matang di kompetisi. Kalau sudah begitu, tentu akan muncul pemain-pemain yang berkualitas untuk timnas Indonesia itu sendiri. Sangat positif saya kira," papar Djanur, yang sempat menjadi asisten pelatih di Pelita Jaya tersebut.

Tidak hanya Djanur, pandangan positif soal hal tersebut juga disampaikan pemain belakang Persija Jakarta asal Brasil, Fabiano Beltrame. Bagi pemain yang didapuk sebagai kapten Macan Kemayoran, julukan Persija, ketetapan tersebut akan memberikan dampak yang bagus bagi para pemain Indonesia.

Selain itu menurut mantan pemain Persela Lamongan tersebut, dengan adanya pengurangan kuota untuk pemain asing, juga akan memberikan suatu persaingan kepada para pemain asing itu sendiri. Tambahnya dengan adanya ketetapan tersebut, para pemain asing pun akan tertantang. Untuk bisa terus menjadi reguler, wajib menunjukan performa yang bagus.

"Saya berpikir untuk pemain-pemain Indonesia sangat bagus. Karena bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk bermain. Selain itu, kompetisi untuk para pemain asing juga akan bagus. Karena untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain di klub, wajib berkerja lebih keras lagi dan harus profesional," papar Fabiano.

Liga sendiri berencana membawa wacana tersebut dalam rapat Executive Committe (Exco) PSSI pada akhir September ini. Selain itu, wacana pemangkasan kuota pemain asing dari lima ke tiga, juga masuk dalam salah satu rumusan di dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Liga yang sudah disepakati sebelumnya.

"Kami akan bawa wacana pengurangan kuota pemain asing ini kepada rapat Exco pada akhir bulan ini. Di mana pada rapat tersebut, juga akan membahas soal regulasi kompetisi. Keputusannya seperti apa, kita lihat saja nanti," ungkap CEO Liga, Joko Driyono.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8852 seconds (0.1#10.140)