Bonek: Kulonuwun Pasoepati lan warga Solo

Jum'at, 13 September 2013 - 14:28 WIB
Bonek: Kulonuwun Pasoepati lan warga Solo
Bonek: Kulonuwun Pasoepati lan warga Solo
A A A
Sindonews.com - Jelang laga final Divisi Utama Liga Indonesia antara Persebaya Surabaya dan Perseru Serui, yang akan berlangsung di Stadion Manahan Kota Solo, Sabtu (14/9) malam, Pentolan Bonek Silaturahmi ke Solo.
Silaturahmi tersebut dilakukan agar dalam laga final tersebut, tidak ada bentrok atau gesekan antara warga dan suporter Persebaya tersebut.

Berdasarkan pantauan SINDO, Pentolan Bonek mulai memasuki Kota Solo, sejak Jumat (13/9) pagi. Para suporter tersebut bertandang ke kediaman tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Kota Solo. Selain itu,
pentolan Bonek tersebut juga bertandang ke kediaman Presiden Pasoepati yang pertama yakni Mayor Haristanto.

Setelah melakukan kunjungan, para suporter tersebut juga membentangkan spanduk yang berisi ungkapan permisi Bonek kepada warga Solo di Jembatan Penyebrangan Sriwedari Solo. Spanduk yang bertuliskan “Kulanuwun Pasoepati lan Warga Solo,” tersebut sontak menarik perhatian warga yang melintas di Jalan Slamet Riyadi Solo.

Paera warga tersebut banyak yang berhenti dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh bonek tersebut. Meskipun banyak warga yang enggan berinteraksi langsung dengan para pentolan bonek itu.

Dirijen Bonek, Hamin Gimbal, menyebutkan aksi “Kulanuwun” tersebut memang sengaja dilakukan oleh Bonek di Kota Solo. Menurutnya hal ini dilakukan untuk menjaga suhu dan menjaga keharmonisan suporter Surabaya tersebut dengan warga Solo. Selain itu hal itu dilakukan agar pada saat pertandingan Sabtu malam, tidak ada gesekan antara warga Solo dan Bonek. “Ya ini perlu kami lakukan agar semua berjalan lancar dan tertib,” ucapnya.

Pihaknya menyebutkan, dalam laga final tersebut, setidaknya akan ada sekitar 10.000 anggota bonek yang akan mengeruduk Kota Solo. Ia menyebutkan ribuan bonek tersebut bakal datang menggunakan mobil pribadi dan juga bus yang telah disediakan oleh Panitia. Akan tetapi pihaknya mengaku yakin, bonek akan tertib ketika mendukung tim kesayangnya di Stadion manahan esok.

Sementara itu, Pentolan Pasoepati, Mayor Haristanto, menyambut baik langkah yang dilakukan oleh Bonek tersebut. Menurutnya sebagai warga Solo dan sebagai Pasoepati, pihaknya mengaku siap menyambut kedatangan
arek-arek Suroboyo tersebut.

“Bonek itu saudara kita, meskipun sahulu sempat terjadi bentrok dengan warga Solo. Akan tetapi semua itu harus dilupakan demi menjalin kerukunan,” ucapnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1146 seconds (0.1#10.140)