Madura senang hati gantikan Malang

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 16:46 WIB
Madura senang hati gantikan Malang
Madura senang hati gantikan Malang
A A A
Sindonews.com - Finalis Piala Gubernur (PG) Jawa Timur 2012 Arema Cronous kemungkinan bakal absen di turnamen pramusim edisi 2013. Padatnya agenda selama November-Desember membuat Singo Edan hampir pasti tidak bisa terlibat di PG 2013 yang rencananya bergulir pertengahan November.

Selain Arema Cronous, klub yang masih diragukan keterlibatannya adalah Persik Kediri dan Persegres Gresik United. Kedua klub ini belum memiliki tim dan kepengurusan yang pasti setelah menuntaskan kompetisi musim lalu. Praktis, kontestan PG 2013 bakal berkurang.

Kandang Arema Cronous yakni Stadion Kanjuruhan, sejatinya menjadi salah satu venue favorit sebagai salah satu tuan rumah PG 2013. Namun jika Arema terpaksa harus absen, sangat tidak mungkin memaksakan Kanjuruhan sebagai lokasi pertandingan.

''Kebetulan Arema sangat sibuk pada November-Desember, jadi tidak bisa menjadi tuan rumah. Arema memiliki agenda ke luar Malang, jadi tidak mungkin menjadi panitia Piala Gubernur. Kalau turnamen itu digelar akhir Desember mungkin bisa ikut,” kata Sudarmaji, Media Officer Arema Cronous, kepada wartawan.

Tidak hanya itu, Arema juga harus berpikir turnamen lain seperti Inter Island Cup (IIC) 2013 yang penyelenggaraannya belum pasti. Kemungkinan Stadion Kanjuruhan kembali menjadi salah satu tuan rumah IIC 2013 jika turnamen antar klub Indonesia Super league (ISL) tersebut kembali digulirkan tahun ini.

Potensi absennya sejumlah klub membuat panitia PG 2013 harus mengambil opsi lain terkait kontestan serta venue turnamen. Jika ada klub Jawa Timur yang tidak bisa ikut andil, maka solusinya adalah mengundang klub lain dari luar Jawa Timur yang lebih siap bertanding.

Sedangkan untuk venue pertandingan, masih ada dua kandidat yang menjadi pilihan utama yakni Stadion Surajaya, Lamongan dan Gelora Bangkalan di Madura. Stadion Surajaya milik Persela Lamongan sudah dua kali berturut-turut menjadi tuan rumah dan selalu sukses.

Sedangkan Gelora Bangkalan dipilih karena animo masyarakat Madura terhadap sepak bola sangat pesat setelah Persepam Madura United bermain di Indonesian Super League (ISL) untuk pertama kalinya. Apalagi Madura juga menyatakan siap menjadi tuan rumah.

''Tidak masalah kalau Madura ditunjuk sebagai tuan rumah. Kami akan melakukan sebaik mungkin jika memang dipercaya. Saya yakin sambutan masyarakat Madura bakal luar biasa walau hanya sebatas turnamen pra musim,” jelas Manajer Persepam Achsanul Qosasih.

Panitia penyelenggara, yakni Pengprov PSSI Jawa Timur, sejauh ini belum menentukan venue maupun sistem turnamen. Sebatas diketahui PG 2013 digulirkan mulai pertengahan November dan rencananya diikuti 12 klub yang mayoritas dari wilayah Jawa Timur.

Jumlah peserta dua kali lipat dibanding edisi 2012. Tahun lalu PG 2012 kurang gereget karena hanya diikuti enam klub, yakni Persela Lamongan, Arema Cronous, PSBK Blitar, Persebaya Divisi Utama, Persepam Madura United, serta klub luar Jawa Timur yakni Barito Putra.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8931 seconds (0.1#10.140)